Sukses Gelar Rakornas Pendapatan Daerah 2024, Kemendagri Apresiasi Pemkot Jambi

Kamis 10-10-2024,21:37 WIB
Reporter : M Hafizh Alatas
Editor : Misriyanti

Rakornas yang mengusung tema "Tata Cara Penagihan dan Pemeriksaan Pajak Daerah" itu juga dirangkai dengan sesi diskusi yang menghadirkan pembicara Pjs Bupati Bangka Barat Dr. Hendriwan, M.Si, Kepala Bidang Pendapatan Pajak I Bapenda DKI Jakarta Mulyono Sasongko, S.E., M.M, Kepala Sub Direktorat Pendapatan Daerah Wilayah I Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Raden Anan Andrihimat SR, A.P, M.M, serta Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jambi Dra. Nella Ervina, MM.Agr, M.E. 

Pada sesi materi, peserta tampak antusias mendengarkan paparan dari para narasumber termasuk best practice dari berbagai daerah yang fokus menyoroti strategi tata cara penagihan dan pemeriksaan pajak daerah.

Rakornas Pendapatan Daerah Tahun 2024 yang diikuti sebanyak 520 orang peserta dari 159 Pemerintah Daerah se-Indonesia itu ditutup secara resmi pada sore harinya oleh Kepala Sub Direktorat Pendapatan Daerah Wilayah I Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Raden An'an Andri Hikmat.

An'an mengatakan perlunya optimalisasi pendapatan daerah yang ditekankan pada penagihan dan pemeriksaan. Sehingga potensi-potensi pajak yang selama ini terpendam bisa menjadi PAD yang dibutuhkan bagi pembangunan daerah. 

"Maka dengan berbekal Rakornas ini peserta telah memiliki pengetahuan bahwa mereka bisa menagih dan melakukan pemeriksaan dengan baik sesuai peraturan," jelas An'an kepada wartawan usai menutup Rakornas.

"Intinya apa yang telah dititipkan masyarakat melalui pajak adalah untuk biaya pembangunan diwilayah sendiri, bukan untuk penguasa. Sekali lagi saya tekankan untuk kesejahteraan masyarakat. Maka yakinlah apa yang masyarakat titipkan melalui pajak adalah untuk kesuksesan pembangunan diwilayah tempat tinggal sendiri," tambahnya. 

Dikesempatan itu, An'an Andri Hikmat juga mengapresiasi Pemerintah Kota Jambi atas suksesnya penyelenggaraan Rakornas tersebut.

"Terimakasih juga kepada seluruh peserta yang telah hadir dari sejak pagi hingga sore, mohon maaf bila memberikan pelayanan yang kurang maksimal," ucapnya. 

An'an menegaskan komitmen pemerintah pusat yang siap memberikan layanan serta pengetahuan terbaik dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi.

"Kami siap memberikan layanan terbaik agar menjadi bekal dan panduan untuk daerah. Karena semua pasti bisa," pungkas Kepala Sub Direktorat Pendapatan Daerah Wilayah I Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri itu.

Pada penutupan acara itu, A'an Andri Hikmat berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para peserta yang aktif pada kegiatan Rakornas dari berbagai kategori. Turut mendampingi dalam penyerahan penghargaan itu Asisten Administrasi Umum Setda Kota Jambi M. Jaelani, Kepala BPPRD Kota Jambi Nella Ervina dan Kadisparbud Kota Jambi Mariani Yanti.

Pada Rakornas itu potensi khas daerah Jambi juga tampak turut ditampilkan. Selain penampilan kesenian tari daerah diatas pentas sebagai pembuka acara, peserta Rakornas dari seluruh Indonesia juga mendapatkan cinderamata khas Jambi. Selain itu, Panitia Pelaksana pun juga tampak kompak dengan mengenakan Batik Jambi. Tampilan tersebut seakan menegaskan Pemkot Jambi menjadikan kesempatan Rakornas itu sebagai ajang mempromosikan Jambi ditingkat nasional.

Rakornas Pendapatan Daerah Tahun 2024 itu juga memberikan dampak positif terhadap sektor ekonomi di kota Jambi. Seperti diantaranya, dengan meningkatnya hunian hotel, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, toko oleh-oleh khas daerah, serta kunjungan wisata, sehingga secara langsung berefek pada tumbuhnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kota Jambi. (hfz)

Kategori :