Jelang Pelaksanaan Rakor Pembentukan Griya Abhipraya, Kakanwil Kemenkumham Jambi Kunjungi Bapas Kelas I Jambi

Selasa 24-09-2024,18:06 WIB
Reporter : Lysa Lucia Pebryna M
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi melakukan kunjungan kerja ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jambi, Selasa (24/09). 

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau persiapan pembentukan Griya Abhipraya, sebuah inisiatif penting dalam rangka pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) serta penerapan Keadilan Restoratif di Indonesia.


Jelang Pelaksanaan Rakor Pembentukan Griya Abhipraya, Kakanwil Kemenkumham Jambi Kunjungi Bapas Kelas I Jambi-Foto: Istimewa-

Jambi menjadi salah satu wilayah pilot untuk pelaksanaan program Griya Abhipraya tahun 2024. 

"Griya Abhipraya merupakan wadah yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan guna meningkatkan pemberdayaan Pokmas Lipas, yang telah terbentuk di berbagai Bapas seluruh Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, Elly Yuzar. 

Melalui program ini, diharapkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah dapat semakin kuat dalam mendukung reintegrasi sosial dan pendekatan keadilan restoratif bagi warga binaan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi menyampaikan pentingnya komitmen dari Pokmas dan Pemerintah Daerah setempat dalam keberhasilan pembentukan Griya Abhipraya. 

Untuk memperkuat komitmen ini, direncanakan pula pelaksanaan Rapat Koordinasi pada Kamis, 26 September 2024 di Aston Jambi Hotel & Conference Center. 

Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memantapkan rencana pembentukan Griya Abhipraya di Jambi.

Dengan adanya Griya Abhipraya, diharapkan wilayah Jambi dapat menjadi contoh sukses penerapan Keadilan Restoratif dan pemberdayaan masyarakat dalam mendukung sistem pemasyarakatan yang lebih manusiawi dan inklusif di Indonesia. (*)

Kategori :