Silent Walking Jadi Tren Baru Hadirkan Ketenangan dan Kesadaran di Era Digital, Apa Itu Silent Walking?

Kamis 19-09-2024,06:50 WIB
Reporter : Ary Hardianah
Editor : Setya Novanto

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Dalam era digital yang serba sibuk ini, banyak orang mulai mencari cara untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Salah satu tren terbaru yang mulai banyak dibicarakan adalah silent walking, sebuah praktik berjalan tanpa suara. Konsep ini mungkin terdengar sederhana, namun menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. 

Apa Itu Silent Walking?

Silent walking, sebagaimana namanya, adalah aktivitas berjalan tanpa mendengarkan musik melalui earphone atau berbicara dengan orang lain. Meskipun Anda boleh saja melakukan silent walking bersama teman, yang penting adalah tetap menjaga ketenangan dan tidak berbicara selama perjalanan.

Tujuan dari silent walking adalah untuk mematikan 'kebisingan' yang sering kali mengganggu konsentrasi kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus pada lingkungan sekitar dan menikmati keindahan serta ketenangan tanpa gangguan.

Manfaat Silent Walking

1.Meningkatkan Kewaspadaan

Silent walking membantu meningkatkan kewaspadaan dengan memungkinkan Anda lebih fokus pada lingkungan sekitar. Ketika berjalan tanpa gangguan suara, Anda dapat lebih mudah memperhatikan detail-detail kecil seperti bentuk pohon, jenis tanaman, atau bahkan suara alam yang jarang Anda perhatikan saat sibuk dengan musik atau percakapan. Hal ini menciptakan pengalaman meditasi yang tenang dan memberikan kesempatan untuk benar-benar merasakan dan menghargai lingkungan sekitar.

2.Mengurangi Ketergantungan pada Gadget

Di tengah kemajuan teknologi dan kecanggihan gadget, sering kali kita merasa sulit untuk melepaskan diri dari perangkat elektronik. Silent walking menawarkan cara yang efektif untuk mengurangi ketergantungan pada gadget. Dengan menjauhkan diri dari layar dan notifikasi, Anda memberikan waktu bagi diri sendiri untuk detoksifikasi dari dunia digital dan lebih menghargai kehidupan nyata di sekitar Anda.

 

3.Mengurangi Stres

Berjalan kaki dengan tenang dan tanpa gangguan suara dapat membantu menurunkan tingkat stres. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki sudah dikenal dapat meningkatkan produksi endorfin, yang merupakan hormon yang dapat mengurangi perasaan stres. Dengan memilih waktu yang tenang, seperti pagi hari, dan berjalan di lingkungan alam terbuka, Anda dapat lebih mudah merasakan ketenangan dan menghilangkan stres yang melanda. Sebaliknya, berjalan di tengah kebisingan dan gangguan dapat meningkatkan hormon stres dan mengurangi manfaat relaksasi.

 

4.Mengurangi Tekanan

Dalam rutinitas sehari-hari, sering kali kita merasa tertekan ketika mencoba menyelesaikan berbagai masalah atau tugas. Silent walking memberikan kesempatan untuk menjauh dari tekanan tersebut dan menciptakan ruang bagi pikiran untuk beristirahat. Dengan tidak terlibat dalam percakapan atau gangguan eksternal, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk berpikir dengan jernih dan lebih rileks, yang dapat membantu mengurangi tekanan yang Anda rasakan.

Kategori :