Pemanfaatan Sampah Kertas Menjadi Kertas Daur Ulang Bernilai Ekonomi dan Keberlanjutan

Selasa 30-07-2024,08:31 WIB
Reporter : Tim
Editor : Setya Novanto

Oleh: Ade Irma Suryani, S.E.,M.M, Mustika, S.E., M.M, Hario Tamtomo, S.E.I, M.M, Ika Dwimaya Roza, S.H., M.H, M. Febriansyah, Sukarno, dan Fiddina Rama Syaajida Universitas Muhammadiyah Jambi

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Saat ini, limbah atau sampah adalah bukan hal yang bisa kita abaikan begitu saja, namun merupakan permasalahan yang sangat serius yang akan mengancam keberlangsungan bumi. Dengan semakin banyakanya sampah yang dihasilkan oleh manusia dan tanpa adanya pengolahan yang tepat, maka akan menjadikan bumi ini semakin cepat menghadapi kerusakan.

Universitas Muhammadiyah Jambi melalui salah satu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari para dosen dengan Ketua Ade Irma Suryani, S.E.,M.M., serta anggota Mustika, S.E., M.M, Hario Tamtomo, S.E.I, M.M, Ika Dwimaya Roza, S.H., M.H . Selain para dosen dalam tim juga melibatkan anggota dari Mahasiswa/i yaitu M. Febriansyah, Sukarno, dan Fiddina Rama Syaajida, melaksanakan Sosialisasi dan edukasi tentang Pemanfaatan Sampah Kertas menjadi Kertas Daur Ulang Bernilai Ekonomi dan Keberlanjutan pada MA Muhammadiyah Kota Jambi.

“Dalam UU nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Didalamnya juga sudah sangat lengkap regulasinya, namun dalam sosialisasi dan pelaksanaannya yang belum optimal,” kata Ade Irma Suryani, Senin (29/7).

Salah satu jenis sampah yang dihasilkan oleh manusia adalah sampah kertas, baik yang berasal dari rumah tangga, sekolah, atau perkantoran. Kertas pada umumnya terbuat dari bahan alami, yaitu berasal dari bahan dasar kayu pohon. Semakin banyak kertas yang kita gunakan, maka semakin banyak penggunaan kayu atau penebangan pohon dan semakin cepat keseimbangan alam terganggu dan bumi kita mengalami kerusakan. Permasalahan sampah kertas yang terjadi saat ini adalah kompleks dan memiliki dampak serius terhadap lingkungan, sumber daya alam, dan Masyarakat.

Berdasarkan permasalahan tersebut yang menjadi latar belakang kami Tim Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) untuk memberikan edukasi serta sosialisasi tentang salah satu pengurangan dan pemanfaatan sampah kertas menjadi kertas daur ulang yang dapat dimanfaatkan Kembali. Kenapa sekolah yang dipilih menjadi tempat kegiatan? karena sekolah merupakan salah satu tempat yang banyak menggunakan kertas sehingga menimbulkan sampah kertas akibat kertas yang sudah selesai digunakan, seperti kertas buku, dan lembar dokumen lainnya.

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada sekolah lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Jambi yaitu Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Kota Jambi. Yang diikuti oleh majelis guru dan Siswa/i MA Muhammadiyah Kota Jambi. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah MA Muhammadiyah Kota Jambi A. Roni, S.Pd.I. Dalam kesempatan ini juga A.Roni mengatakan, mengucapakan ribuan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini yang sangat penting sekali tentunya mengingat kertas adalah sesuatu yang sering kita temui dalam keseharian kita. Beliau juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menimbulkan kesadaran dan peduli sejak dini pada siswa, dan pada kita semua terhadap lingkungan. 

Tujuan PKM dari permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya adalah untuk memberikan sosialisasi serta edukasi tentang dampak negatif dari limbah sampah yang dapat memberikan dampak buruk termasuk terhadap Kesehatan, serta pentingnya dan manfaat dari pengolahan daur ulang sampah kertas, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, termasuk pihak sekolah dalam partisipasi pengurangan sampah dengan cara pemanfaatan sampah kertas yang dapat didaur ulang menjadi kertas daur ulang berguna dan bermanfaat. Target kedepan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya infrastruktur daur ulang sampah kertas disekolah dengan target luaran terciptanya pusat daur ulang yang dikelola oleh pihak sekolah dan penyediaan fasilitas pemisahan sampah terutama sampah kertas.

Tim PKM Universitas Muhammadiyah Jambi mengatakan “pelaksanaan kegiatan Sosialisasi ini telah berjalan dengan lancar, berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat dan dampak baik langsung maupun tidak langsung kepada siswa, lingkungan sekolah, serta Masyarakat secara umum tentang pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan sampah kertas menjadi kertas daur ulang bernilai ekonomi dan keberlanjutan. Karena kertas daur ulang ini dapat digunakan kembali atau dapat dipasarkan sehingga menjadi salah satu tambahan sumber pendapatan bagi Masyarakat. Kegiatan ini juga direncanakan tidak hanya berhenti disini tapi terus tetap dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi lainnya kepada Masyarakat yang lebih luas lagi.” tandasnya. (*)

Kategori :