Sri Purwaningsih: Untuk Mengingat Sejarah, Peringatan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke 623

Kamis 30-05-2024,16:08 WIB
Reporter : M Hafizh Alatas
Editor : Setya Novanto

Sri Purwaningsih juga menekankan pentingnya pendidikan yang bermutu dan layak serta terjangkau, termasuk pemberian 1.734 Kartu Jambi Cerdas bagi siswa dari keluarga kurang mampu. 

Di bidang kesehatan, Pemerintah Kota Jambi melakukan re-akreditasi seluruh puskesmas dan memfasilitasi re-akreditasi 16 dari 17 rumah sakit yang ada di Kota Jambi. 

Program Jambi Bugar juga memberikan premi kepada 26.469 orang dari masyarakat kurang mampu, mencapai predikat Universal Health Coverage (UHC) sebesar 98,15%.

Pemerintah Kota Jambi juga fokus pada penurunan angka stunting, yang menurun dari 14% pada tahun 2022 menjadi 13,5% pada tahun 2023. 

Sebagai kota perdagangan dan jasa di koridor tengah Sumatera, realisasi investasi pada tahun 2023 mencapai 1,358 triliun rupiah, jauh melampaui target sebesar 523,37 miliar rupiah.

Dari total 2.390 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sebanyak 1.808 unit atau 75,65% telah diperbaiki hingga tahun 2023. 

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup juga naik menjadi 57,09 pada tahun 2023 dari 54,21 pada tahun sebelumnya.

Selain itu, sepanjang tahun 2023, peningkatan kualitas jalan yang baik telah mencapai 456,5 km dari total jalan status kota sepanjang 510,4 km. 

Pemerintah juga telah menambah pedestarian sepanjang 310 meter di Jalan H. Agus Salim dan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan pedestarian sepanjang 2.150 meter tahun ini.

"Kami berharap sinergi yang positif dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Balai Sungai Kementerian PU terus berjalan sehingga permasalahan banjir dapat kita tekan dan kendalikan," ujar Sri Purwaningsih.

Rasio bangunan gedung pemerintah dalam kondisi baik mencapai 296 unit dari total 385 unit bangunan, termasuk Gedung Kantor Wali Kota yang mulai ditempati bersama OPD Setda, Dinas Kominfo, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sejak awal tahun ini.

Penjabat Wali Kota Jambi mengakhiri sambutannya dengan harapan agar semua pihak terus bekerja sama dan berkolaborasi demi kemajuan Kota Jambi yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris yang turut hadir dalam acara itu mengatakan jika kota Jambi merupakan Barometer keberhasilan pembangunan Provinsi Jambi.

"Kota Jambi ini wajahnya Provinsi Jambi, makanya kita berharap pembangunan terus berlanjut untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan hibah tanah kepada pemerintah kota Jambi sebanyak 5 titik. Namun Al Haris tidak merinci kelima aset tersebut. 

"Pada intinya kita upayakan setiap tahun nantinya aset-aset pemerintah Provinsi Jambi yang ada di kota Jambi ini bisa dihibahkan kepada pemerintah kota Jambi, untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Ada yang dipakai untuk gedung pemerintahan dan lain-lain," katanya.

Kategori :