Forum Komunikasi Lalu Lintas Tanjabtim Evaluasi Titik Black Spot dan Troublespot Bersama Korlantas Polri

Rabu 29-05-2024,19:39 WIB
Reporter : Fauzi Yosi Esiska
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-  Jasa Raharja bergabung dengan Forum Keselamatan Lalu Lintas (FKLL) Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar monitoring dan evaluasi yang membahas berbagai isu terkait keselamatan lalu lintas bersama Ditkamsel Korlantas Polri. Monev dihadiri berbagai instansi terkait yakni Korlantas Mabes Polri, Kapolres Tanjab Timur, Jasa Raharja Tanjab Timur, Dishub Tanjab Timur, PUPR Tanjab Timur, Dinas Kesehatan Tanjab Timur, Kanit Gakkum Tanjab Timur dan tim, serta Kanit Kamsel Tanjab Timur dan tim.

Topik utama yang dibahas dalam rapat ini adalah identifikasi titik blackspot dan troublespot di wilayah Kabupaten Muara Sabak. Identifikasi Identifikasi ini sangat penting untuk menentukan area-area yang memiliki risiko tinggi kecelakaan lalu lintas sehingga bisa diambil tindakan preventif untuk mengurangi angka kecelakaan di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur” jelas Kepala Cabang PT Jasa Raharja Jambi dalam reles tertulisnya pada Rabu (29/5/2024).

Donny menjelaskan bahwa monev membahas jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama periode tertentu. Data ini menjadi acuan bagi semua pihak untuk mengevaluasi dan merumuskan strategi yang lebih efektif dalam mengurangi kecelakaan. Dalam diskusi, diungkapkan bahwa peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu kunci utama dalam menekan angka kecelakaan.

“Prasarana rambu-rambu lalu lintas juga menjadi fokus pembahasan seperti ketersediaan dan kondisi rambu-rambu lalu lintas yang memadai dan terlihat jelas sangat berpengaruh terhadap keselamatan pengguna jalan. Instansi terkait dalam Forum Komunikasi Lalu Lintas menyampaikan laporan mengenai program kerja masing-masing untuk meningkatkan pencegahan kasus kecelakaan di wialyah Kabupaten Tanjung Jabung Timur” tutur Donny.

Rapat ini juga menghasilkan beberapa action plan yang sudah dan akan dijalankan oleh masing-masing instansi. Misalnya, Jasa Raharja berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya asuransi kecelakaan, sedangkan Dishub Tanjab Timur akan fokus pada perbaikan infrastruktur jalan. Kolaborasi antara instansi diharapkan dapat menciptakan sinergi yang baik dalam upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas di Kabupaten Muara Sabak.

Hasil Monitoring dan Evalusi FKLL Tanjab Timur Bersama DItlantas Polri menekanan pentingnya kerjasama antar semua pihak dalam upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas. Semua instansi yang hadir sepakat untuk terus bersinergi dan berkomitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing demi terciptanya lalu lintas yang aman dan tertib di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (*)

 

Kategori :