Pegang Ponsel, Mentan SYL Mendarat di Tanah Air

Rabu 04-10-2023,23:07 WIB
Reporter : Dona Piscesika
Editor : Dona Piscesika

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) akhirnya mendarat di tanah air.

Menggunakan jas hitam, masker hitam dan sebelah tangannya memegang ponsel, Mentan SYL sampai di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu 4 Oktober 2023.

SYL berangkat dari Bandara Changi Singapura sekitar pukul 17.20 waktu Singapura lalu sampai di tanah air pukul 18.00 WIB menggunakan pesawat Singapore Airlines.

Mentan SYL sempat heboh diberitakan ‘menghilang’ dan ponselnya hilang kontak saat berada di Eropa. Hal ini menyusul setelah KPK menggeledah rumah dinasnya terkait kasus korupsi.

Muhammad Tito Andrianto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta dalam siaran persnya mengatakan, kedatangan SYL langsung disambut petugas dengan melakukan pemeriksaan sesuai standar yang berlaku.

Seperti diberitakan Jambi Ekspres sebelumnya, Ahmad Sahroni, Bendahara Umum Partai NasDem mengatakan Mentan SYL tidak ‘menghilang’ di Eropa.

Jadwal kepulangan SYL ke tanah air seharusnya memang 1 Oktober 2023, namun Sahroni membantah bahwa SYL sengaja menghilang, katanya SYL masih berada di luar negeri untuk melakukan beberapa hal penting terkait kesehatannya.

“Prostatnya bermasalah jadi dia langsung ke RS,” ujar Sahroni tanpa menjelaskan rumah sakit mana yang dimaksud.

Terkait ponsel SYL yang tak lagi bisa dihubungi, Sahroni memastikan itu bukan kesengajaan.

SYL katanya memang tengah sibuk mengobati prostatnya dan tak mungkin bisa fokus pada ponsel.

Sahroni pun memastikan SYL akan kembali ke tanah air pada Kamis 5 Oktober 2023.

BACA JUGA:KPK Sampai Bawa Mesin Penghitung Uang, Ditemukan Puluhan Miliar di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo

Sementara itu, kepastian SYL belum pulang ke Indonesia juga diungkapkan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim.

Kata Simly, SYL meninggalkan tanah air pada 24 September 2023 melalui bandara Soekarno Hatta tujuan Roma melalui Qatar dan Doha.

Apakah rombongan lainnya yang berangkat dengan SYL sudah pulang ke tanah air? Silmy mengaku tidak memonitor hal tersebut.

Namun pihaknya telah melakukan pengecekan bahwa SYL termonitor belum berada di tanah air.

SYL berangka ke Roma untuk menghadiri Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) di Roma, Italia.

Acara ini dilaksanakan pada 25 September 2023 pagi waktu setempat.

Mengutip dari keterangan resmi Kementan RI, pada konferensi yang diadakan pertama kali oleh FAO tersebut, Mentan SYL menekankan pentingnya kerja sama dunia pada sektor pangan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global saat ini.

Keterangan kementan RI juga menyebutkan bahwa SYL berbicara pada panel high-level bersama dengan Menteri dan Perwakilan Tingkat Tinggi dari negara Uruguay, Somalia dan Australia. (*)

Kategori :