MAKIN CEPAT! Tiang Pancang SS Kraksaan Dipasang, Inilah Update Terbaru Tol Probowangi

Rabu 16-08-2023,08:38 WIB
Reporter : Lala
Editor : Setya Novanto

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Perkembangan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) semakin kelihatan.

Jalan tol Probowangi atau Tol Probolinggo-Banyuwangi  ini menjadi jalur ampuh karena menghubungkan dari barat hingga timur Pulau Jawa yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. 

Pekerjaan pembangunan tahap awal/ tahap l dimulai dari Gending (Probolinggo) dan berakhir di Besuki (Situbondo) yang mencakup jarak sekitar 49,68 kilometer. Sementara itu, tahap berikutnya dimulai dari Besuki dan berlanjut hingga Banyuwangi 125,72 km. 

Update terbaru dari pantauan channel youtube Teknisi Nomer21 , exit Tol Kraksaan ini berada di sebelah timur atau setelah Kantor Jasa Marga Kabupaten Probolinggo dan setelah kebun benih Kraksaan jika datang dari arah Barat atau dari Tol Gending Surabaya. 

Exit Tol Krasakan berada di Jalan Pantura Panglima Sudirman. Pemandangan dari Exit Tol Kraksaan sangat menarik, terutama pemandangan pegunungan Argopuro yang terlihat ke arah selatan.

Pembangunan Interchange (IC) atau Simpang Susun (SS) Tol Kraksaan telah berlangsung proses pengurukan. Namun, belum sepenuhnya selesai karena struktur tersebut belum mencapai tingkat pengerukan yang sepenuhnya atau masih rendah dari Jalan Raya Pantura.

Sementara itu, SS Kraksaan juga sedang dilakukan proses pemasangan tiang pancang. Tiang pancang ini ditempatkan untuk memperkuat pondasi dan mendukung konstruksi bangunan. 

Selain pemasangan tiang pancang, terlihat bahwa pembuatan parit-parit juga tengah dilakukan di seluruh area Simpang Susun Kraksaan. Parit-parit ini memiliki peran penting dalam mengatur aliran air karena Jalan Tol Probowangi dibangun di area persawahan. 

Jika melihat ke arah timur dari Exit Tol Kraksaan dapat diamati Exit Tol Paiton yang mengarah ke Banyuwangi. Sama halnya seperti pengerjaan SS Kraksaan, di SS Paiton juga masih dalam tahap pengurukan dan pemasangan tiang pancang. Untuk jalan tolnya sendiri perkembangan yang ada belum terlalu signifikan. 

Sementara itu, untuk diketahui, jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terdiri dari 7 bagian, yaitu :  

Seksi 1: Probolinggo-Kraksaan (12,88 Km)

Seksi 2: Kraksaan-Paiton (11,2 Km)

Seksi 3: Paiton-Besuki (25,6 Km)

Seksi 4: Besuki-Situbondo (42,3 Km)

Seksi 5: Situbondo-Asembagus (16,76 Km)

Kategori :