Orangtua Gembira Sekolah Fullday, Alasan Biar Anak Tak Main Hape Hingga Mau Fokus Cari Duit

Jumat 03-06-2022,19:22 WIB
Editor : donapiscesika

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Rencana pemerintah Kota Jambi menerapkan sekolah fullday 100 persen tatap muka pada tahun ajaran baru besok, disambut gembira oleh para orangtua. Berbagai alasan orangtua menyambut kebijakan Walikota Jambi ini.

Arnita, salah satu orangtua mengaku sangat senang karena jadwal main hape anaknya pasti akan berkurang. “Jujur jadwal sekolah seperti sekarang masih tidak mampu menahan anak-anak dari pengaruh hape, pulang sekolah cepat, balek sekolah tetap hape itu lah,” ujar warga Perumahan Bougenville Alam Barajo ini. Ia berharap jika sekolah sudah normal seperti dulu, anaknya bisa lebih banyak waktu di sekolah.

Tak hanya pengaruh buruk hape yang membuat Arnita resah, namun juga biaya membeli paket data juga jadi keluhannya. “Sejak awal pandemi saya beli paket data hampir 150rb setiap bulan, sekarang sudah mulai sekolah masih lah habis 100rb, semoga bsok kalo sudah sekolah full day, 50rb aja, berat pengeluaran terus,” ujar Ibu yang anaknya masih duduk kelas 2 SMP ini.

Sementara itu, Tatik, ibu dua anak yang punya usaha jual kue ini, juga ikut senang dengan pengumuman bahwa sekolah akan fullday seperti dulu. “Supaya saya bisa kian fokus cari duit, jujur sekolah seperti sekarang pikiran bercabang,” kata Tatik. Pagi mengantar anak, siang jam 12 sudah sibuk jemput, terus mengawasi dia mengerjakan tugas. Ia merasa sejak pandemi energinya habis untuk mengawasi anak-anak belajar, sehingga usahanya ikut macet dan tidak fokus lagi bekerja. “Kalo memang nanti sudah fullday, saya bisa tenang mau fokus cari uang lagi, banyak waktu bekerja,” ujat Tatik.

Sebelumnya Walikota Jambi Sy Fasha mengatakan bahwa   Pelajar SD-SMP di Kota Jambi akan kembali melakasanakan Pebelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen pada tahun ajaran baru 2022 ini. Hal tersebut untuk mengejar ketertinggalan waktu belajar saat masa pandemi dua tahun belakangan ini.  “Insya Allah nanti tahun ajaran baru kita full PTM. Tidak lagi PTM terbatas,” kata Wali Kota Jambi Sy Fasha, usai Upacara Hari Pendidikan Nasional, di lapangan Balaikota, Selasa (31/5). Fullday artinya akan aktif minimal 8 jam waktu anak-anak di sekolah. (dpc/ hfz)

 

Kategori :