Senin 21-05-2018,00:00 WIB

Sementara itu, masih berdasarkan pantauan koran ini, pemudik juga tidak perlu khawatir dengan rest area selama dalam perjalanan mudik di Provinsi Jambi.

Sedikitnya  ada 46  Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di seluruh perlintasan mudik yang semuanya bisa dijadikan rest area dan siap melayani pemudik. Jumlah ini sudah termasuk SPBU di Kerinci dan di Tanjab Barat.

Seperti  di Jalur Muratara-Sarolangun-Merangin-Bungo hingga batas Sumbar,  terdapat 22 SPBU yang siap melayani pemudik, di antaranya SPBU Depan Makam Pahlawan, Kecamatan Bathin III, SPBU Simpang Saumil, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, SPBU Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, SPBU Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan (Bungo) kemudian SPBU  dan SPBU Pelawan, SPBU Singkut dan SPBU Bathin VIII (Sarolangun) serta puluhan SPBU lainnya (Selengkapnya lihat grafis, red).

‘’Sebagai persiapan untuk menjaga kelancaran distribusi energi dan layanan selama Ramadhan dan Idul Fitri, seluruh Terminal BBM di wilayah Sumbagsel akan stand by selama 24 jam. Selain itu, di setiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tanki (MT) untuk melayani masyarakat diluar penyaluran normal,’’ ujar General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (MOR II Sumbagsel), Erwin Hiswanto.

Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, katanya, Pertamina MOR II Sumbagsel sudah melakukan pemetaan dan prediksi kebutuhan energi masyarakat.

Berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya dan analisa tren konsumsi, menurutnya setiap tahun pasti selalu ada peningkatan konsumsi BBM, LPG, dan Avtur terutama saat arus mudik dan balik dan saat Hari Raya Idul Fitri.

‘‘Prediksi peningkatan sudah ada, kami juga sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran, kami juga akan menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 lebaran demi kenyamanan masyarakat,’‘ ujar Erwin.

Untuk Jambi, konsumsi BBM selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri juga akan mengalami peningkatan, saat ini, prediksi peningkatan untuk BBM jenis gasoline di Jambi diperkirakan mencapai 16%. Peningkatan yang terjadi di dominasi jenis Pertamax Turbo sebanyak 27%, Pertamax 26%, Pertalite 11%, dan Premium sebanyak 18%. Mengantisipasi kenaikan konsumsi tersebut, Pertamina sudah menyiapkan 2 unit mobil tanki dengan total kapasitas 32 Kilo Liter (KL) di TBBM Jambi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Provinsi Jambi, melalui Kabid Bina Marga Dinas PU-Pera, Tetap Sinulingga mengatakan, untuk jalan berlubang yang masih banyak tersebar di  tersebut akan dikerjakan menjelang arus mudik ini.

‘‘Pengerjaan sesuai dengan wewenang kita,’‘ katanya.

Wewenangan itu, akan dilihat mana yang statusnya jalan negara, jalan provinsi dan jalan kabupaten. Kewenangan provinsi adalah di ruas jalan yang statusnya jalan provinsi, sementara jalan negara menjadi kewenangan kemterian dalam hal ini Balan Jalan Nasional, sedangkan jalan kabupaten menjadi kewenangan Pemkab/Pemkot. ‘’Seperti itu aturannya,’’ jelasnya.

Terkait dengan persiapan lebaran, ia mengatakan pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Bidang Alat Kelengkapan (Akal) PU-Pera Provinsi Jambi.

‘‘Rapat koordinasi belum dilakukan bisanya diawal puasa,’‘ katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait