Pesan Untuk Para Pasutri, Dokter Boyke: Buat Anak Boleh tapi Jangan Sampai Jadi

Jumat 23-07-2021,00:00 WIB

JAKARTA– Tak dapat dipungkiri, bagi kebanyakan orang, melakukan hubungan suami istri dapat menjadi hiburan tersendiri di tengah pandemi covid-19 ini.

Terlebih lagi, demi menekan penularan covid-19, pemerintah memberi imbauan kepada masyarakat untuk ‘Stay At Home’ atau tetap berada di rumah saja. Hal ini tentu saja membuat masyarakat lebih lama menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga tercinta.

Namun terkait hal ini, seksolog kondang dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS memberi saran kepada para pasutri. Dirinya menyarankan bahwa selama pandemi covid-19 sebaiknya jangan hamil dulu.

“Tapi kalau boleh saya anjurkan, di pandemi covid ini, sebaiknya jangan hamil,” ucap dokter Boyke seperti dikutip fajar.co.id, Kamis (22/07/2021) di kanal youtube Tonight Show.

Bukan tanpa alasan, dokter Boyke mengatakan bahwa hamil di masa pandemi memiliki resiko tinggi, khususnya bagi keselamatan ibu dan bayinya.Hal ini lantaran dapat memperbesar peluang tertular covid-19.

Sebab, ketika melakukan pemeriksaan kehamilan di rumah sakit, sang ibu bisa saja tertular covid. “Kalau dia ngecheck ke rumah sakit, lebih muda terkontaminasi (tertular covid-19),” jelas dokter Boyke.

Lebih lanjut, dokter Boyke menjelaskan bahwa dampak virus covid-19 untuk bayi juga belum diketahui pasti. Maka dari itu, sebaiknya para pasutri dianjurkan untuk menghindari punya anak di masa pandemi covid-19 ini.

Guna mengantisipasi hal tersebut, dokter Boyke menyarankan untuk melakukan Program KB (Keluarga Berencana). “Buat anak boleh tapi jangan sampai jadi, artinya ikut KB,” ujar dokter Boyke.

Dokter Boyke lanjut menjelaskan bahwa ada berbagai pilihan yang dapat digunakan oleh pasutri dalam melakukan KB. “Bisa gunakan kondom, bisa gunakan pil, itu juga bisa pesan online kok, gampang,” jelas dokter Boyke. (hmk/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Tags :
Kategori :

Terkait