PalmCo Dorong UMKM Binaan Tumbuh Lewat Pelatihan Akses Pasar Nasional

 PalmCo Dorong UMKM Binaan Tumbuh Lewat Pelatihan Akses Pasar Nasional

PalmCo dorong UMKM binaan tumbuh lewat pelatihan dan akses pasar nasional. ANTARA/HO-PalmCo--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - PTPN IV PalmCo sebagai Subholding dari PTPN III (Persero) mendorong pertumbuhan UMKM binaan melalui program pelatihan dan perluasan akses pasar nasional, sebagai bagian dari komitmen perusahaan memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

"Dengan pendampingan yang tepat, pelaku usaha kecil bisa menjadi penggerak ekonomi yang tangguh di daerah,” kata Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko K Santosa dalam keterangan di Jakarta, Rabu dikutip dari Antara.

BACA JUGA:Bahas Peringatan 100 Tahun Teh Kayu Aro, PTPN IV Regional 4 dan Pemkab Kerinci Perkuat Sinergi

Dia menyampaikan melalui rangkaian pelatihan peningkatan kompetensi, fasilitasi pembiayaan, hingga akses ke pameran atau bazar skala nasional, dilakukan untuk membantu UMKM binaannya tumbuh dan naik kelas.

Menurutnya program pengembangan UMKM menjadi bagian dari strategi perusahaan dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, khususnya di wilayah sekitar operasional perusahaan.

BACA JUGA:Dari Sawit Tumbuh Padi: PTPN IV PalmCo Dorong Ketahanan Pangan Lewat Pola Tumpangsari

“Kami tidak ingin pemberdayaan berhenti di pemberian modal saja, yang kami bangun adalah ekosistem agar UMKM bisa tumbuh secara berkelanjutan lewat pelatihan, pendampingan, dan perluasan pasar," ujarnya.

BACA JUGA:Hari Pangan Nasional 2025: PTPN IV Perkuat Ketahanan Pangan Lewat Sinergi dengan Sawit Rakyat

Dalam beberapa waktu terakhir, katanya, PalmCo aktif menggelar berbagai pelatihan kewirausahaan bagi mitra binaannya, mulai dari pelatihan bakery & cake, pengelolaan keuangan, desain kemasan, hingga strategi digital marketing.

Kegiatan dilakukan di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Jambi, Sumatera Utara hingga Kalimantan dengan menggandeng lembaga profesional seperti LaSalle College Jakarta dan komunitas pelatihan kewirausahaan.

BACA JUGA:PTPN IV PalmCo Luncurkan Platform WePC, Perkuat Tata Kelola Keuangan Digital

Kemudian memberikan dukungan akomodasi dan transportasi bagi peserta pelatihan agar pelaku UMKM dari wilayah terpencil tetap dapat berpartisipasi.

Selain itu, perusahaan secara aktif melibatkan UMKM binaannya dalam ajang pameran dan bazar nasional seperti Inacraf 2025 dan 2nd Expouse 2025 Yogyakarta, yang menjadi ruang promosi sekaligus peluang bertemu investor dan pembeli potensial dari berbagai daerah.

“Expo semacam ini sangat penting sebagai jembatan antara pelaku UMKM dan pasar yang lebih luas. Kami ingin mitra binaan bisa bersaing, tidak hanya di tingkat lokal, tapi juga nasional bahkan internasional,” tutur Jatmiko.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: