>

Kapolri Segera Pastikan Pilih Wakapolri Terbaik

Kapolri Segera Pastikan Pilih Wakapolri Terbaik

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho menjawab pertanyaan awak media saat memberikan keterangan di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Selasa (22/10/2024).-ANTARA/Rio Feisal.-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho memastikan bahwa Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo akan memilih sosok Wakapolri pengganti Komjen Pol. (Purn) Agus Andrianto, yang terbaik.

“(Pemilihan Wakapolri) masih menunggu petunjuk pimpinan. Pasti akan dipilihkan oleh Bapak Kapolri yang terbaik,” kata Sandi ketika ditemui di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa, dikutip dari Antara

Nantinya, kata dia, Kapolri akan memilih sosok Wakapolri selanjutnya dari jenderal bintang tiga atau dari kalangan Perwira Tinggi (Pati).

"Pasti dicari personel bintang tiga yang terbaik lainnya untuk menduduki jabatan Wakapolri," ucap dia.

Sebelumnya, pada Senin (21/10), Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Kapolri akan segera menunjuk pengganti Agus Andrianto yang dilantik menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

"Iya, masih menunggu dulu (dari Kapolri)," ujarnya. 

Diketahui, dua personel terbaik Polri masuk dalam Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, yaitu Agus Andrianto dan Purwadi Arianto.

Agus Andrianto dilantik menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan. Sebelumnya, pria kelahiran tahun 1967 itu menjabat sebagai Wakil Kapolri. Sedangkan Purwadi Arianto dipercaya untuk menduduki jabatan Wakil Menpan RB. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kalemdiklat Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa telah dikeluarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 99/Polri/Tahun 2024 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri untuk Agus Andrianto.

"Dalam surat Keppres tersebut, telah diputuskan memberhentikan dengan hormat dari dinas Polri Bapak Agus Andrianto mulai tanggal 19 Oktober 2024 dengan hak pensiun Polri," kata dia.

Adapun Purwadi Arianto sudah memasuki masa purna-tugas per 2 Oktober 2024.(ANTARA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: