>

Dukungan Universitas Jambi Pada Startup Inovatif Mahasiswa Melalui Kegiatan PKM

Dukungan Universitas Jambi Pada Startup Inovatif Mahasiswa Melalui Kegiatan PKM

Foto bersama-Foto: Istimewa-

Pada manajemen mutu, belum ada jaminan mutu produk dan sertifikasi halal. Pada segi pemasaran belum diketahui kebutuhan pasar akan produk sehingga belum bisa dilakukan pemasaran yang efektif untuk produk agar bisa menaikkan penjualan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kegiatan PKM ini melakukan beberapa tahapan kegiatan yang diharapkan bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. yaitu dengan melakukan perbaikan pada aspek produksi, manajemen dan pemasaran.

Harapannya dapat menghasilkan produk dengan mutu yang baik sehingga konsumen mendapatkan jaminan keamanan mutu produk. peningkatan produktifitas dan perluasan pemasaran.

Tahapan kegiatan yang dimaksud berupa memperbaiki teknologi dalam berproduksi, pemberian bantuan berupa alat produksi, pelatihan tentang Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPP0B) dan jaminan halal, pendampingan dalam penerapan CPPOB dan penerapan jaminan halal saat produksi pendampingan dalam pengurusan legalitas usaha dan sertifikasi halal, pendampingan dalam mendisain promosi dan kegiatan pemasaran.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kewirausahaan yang diusulkan ini diharapkan dapat mendorong usaha rintisan mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian yang sudah dimulai sebelumnya agar berkembang dan berjalan kontinyu, Hal ini juga menjadi motivasi mahasiswa untuk meneruskan usahanya terus meskipun telah lulus dan dapat dijadikan sebagai pekerjaan enterpreneur.

Saat lulus diharapkan mahasiswa sudah memiliki pengalaman dalam berwirausaha dan tidak tergantung pada lowongan pekerjaan lain, bahkan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain.

Kegiatan PKM ini diharapkan bisa menjadi inspirasi dalam melakukan kolaborasi antara perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa dalam menciptakan peluang, memecahkan masalah dan mendukung perkembangan ekonomi untuk membentuk pondasi bagi masa depan kewirausahaan yang lebih kuat dan perkelanjutan dengan langkah-langkah kecil. 

Selain mendukung peluang bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa, kegiatan PKM ini juga menjadi penghubung antara visis Universitas Jambi sebagai universitas dengan program kewirausahaan kelas dunia dan program pemerintah yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) melalui penciptaan lapangan kerja yang produktif, mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan serta mendorong inovasi yang memberikan kontribusi positif pada pendidikan, kesehatan dan lingkungan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: