>

Kasrem 042/Gapu Pimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

Kasrem 042/Gapu Pimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

Kasrem 042/Gapu Pimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024-Foto: Istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kepala Staf Korem 042/Garuda Putih, Kolonel Inf Eddy Basuki, memimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Upacara Makorem 042/Gapu, Jl. Jend. Urip Sumoharjo Sipin, Kota Jambi, pada Sabtu (05/10/2024) bersumber dari Penrem 042/Gapu.

Upacara ini mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju". 

Acara ini dihadiri oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI, instansi terkait, serta komponen masyarakat lainnya di wilayah Kota Jambi. 

Selain upacara, perayaan HUT TNI ke-79 juga menampilkan kendaraan operasional TNI dan sejumlah alat utama sistem senjata (Alutsista) dari Yonif 142/KJ.

Dalam amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, yang dibacakan oleh Kasrem, beliau mengucapkan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia” kepada seluruh prajurit TNI di manapun berada. Panglima TNI memberikan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan intensitasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.

"Tema yang diusung pada tahun ini sangat relevan untuk merefleksikan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI sebagai prajurit yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif) dalam menjaga dan mengawal kedaulatan bangsa dan negara," ujar Panglima TNI. 

Ia menjelaskan pentingnya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, inovatif, dan modern, serta memiliki kemampuan dasar tempur dan mahir dalam bela diri taktis, di samping kemampuan mengoperasikan dan memelihara Alutsista berteknologi tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga mengajak seluruh prajurit dan keluarga besar TNI untuk memberikan apresiasi yang tulus kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam memimpin Republik Indonesia. 

Selain itu, beliau menyambut baik Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terpilih, dengan harapan TNI akan semakin kuat, berwibawa, dan disegani oleh negara-negara di dunia.

Upacara ini juga diisi dengan pemberian tanda kehormatan sebagai penghargaan kepada prajurit yang telah berjuang luar biasa atas pengabdiannya selama XVI dan XXIV tahun secara terus menerus. 

Tanda kehormatan tersebut disematkan secara simbolis kepada perwakilan Prajurit TNI.

Setelah upacara, Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs Rusdi Hartono, M.Si, didampingi Kasrem 042/Gapu, menyerahkan penghargaan berupa 5 unit motor kepada 5 Babinsa terbaik dari Korem 042/Gapu sebagai bentuk pengakuan atas dedikasi dan kinerja mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah bersama para tamu undangan di gedung Makorem 042/Gapu. 

Tampak hadir pada Upacara HUT Ke-79 TNI ini, Kapolda Jambi, para Pejabat Utama Polda Jambi, Pejabat Utama Korem 042/Gapu, pejabat Kabinda Provinsi Jambi, pejabat BIN Provinsi Jambi, Kapolresta Polda Jambi, para Dansat dan Kabalak Jajaran Korem 042/Gapu, para veteran, serta Ibu-ibu Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj, dan tamu undangan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: