>

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, SKK Migas PetroChina Kembali Berikan Bantuan 30 Ekor Kambing

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, SKK Migas PetroChina Kembali Berikan Bantuan 30 Ekor Kambing

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, SKK Migas PetroChina Kembali Berikan Bantuan 30 Ekor Kambing--

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.IDSKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menggelar kegiatan penyuluhan dan pelatihan diversifikasi usaha peternakan kambing pada Bumdes Pujiku Artomoro Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara untuk akselerasi pengembangan sentra ternak rakyat.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari di Aula Kantor Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu dan Kamis (25-26/9/2024).

Penyuluhan dan pelatihan diversifikasi usaha peternakan kambing untuk akselerasi Pengembangan sentra ternak rakyat ini digelar PetroChina bekerjasama dengan pihak akademisi dalam hal ini Universitas Jambi (Unja), Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Acara dihadiri oleh Staff Community Development PetroChina International Jabung Ltd, Mulyono Eko, Dosen Unja Prof.Dr.Ir.Adriani,M.Si beserta tim, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Remon F Harianja S.Pt, Kasi PMD Kecamatan Batara, Risman Heri, Ketua Bumdes Pujiku Artomoro, Armansyah, Kadus Terjun Gajah, Mujimin dan beberapa orang perwakilan peternak dari Desa Sungai Keruh serta kelompok tani yang mengikuti pelatihan.

Mulyono Eko mengatakan, penyuluhan dan pelatihan hari ini dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman para peternak tentang pengembang biakan, manajemen pakan, penanganan serta tata cara pengembangan ternak kambing yang lebih baik dan produktif. Alhamdulilah beberapa tahun yang lalu kami dari PetroChina telah menyalurkan bantuan ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) kepada Bumdes Pujiku Artomoro Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara.

"Pada tahun 2022 yang lalu kita bantu 35 ekor ternak kambing, kandang komunal, obat obatan, pelatihan, pendampingan budidaya dan pembuatan lahan serta penanaman rumput untuk pakan ternak kambing dan alhmdulillah sekarang sudah berkembang menjadi 84 ekor," ujarnya.

Dirinya sangat mengapresiasi masyarakat desa Terjun Gajah yang sangat antusias dalam melakukan budidaya ternak kambing dan pihaknya juga berterima kasih kepada Universitas Jambi Fakultas Peternakan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat.

Ia menyebut pihaknya akan terus mensupport dan mendukung kegiatan kegiatan yang bersifat positif, PetroChina juga akan terus bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar dalam pengembangan ternak di Tanjab Barat ini, jika program di Desa Terjun Gajah ini berhasil akan menjadi contoh dan dikembangkan di wilayah yang lain.

Sementara itu, Dosen Unja Prof.Dr.Ir.Adriani,M.Si mengatakan kegiatan hari ini adalah menindaklanjuti aktivitas dua tahun yang lalu, yang telah dilakukan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat berupa bantuan ternak kambing dari PetroChina.

"Alhamdulillah hewan ternak nya sudah berkembang dengan baik, tahun ini kita lanjutkan dengan penggemukkan ditambah dengan jual beli, supaya perguliran dana usaha nya lebih baik," sambungnya.

"Dalam kegiatan ini ada penambahan kambing sebanyak 30 ekor, yang disediakan oleh PetroChina, Alhmdulillah kami dari Universitas Jambi turut berpartisipasi dari segi keilmuan nya dibantu dengan Dinas, dan kami juga menempatkan Mahasiswa untuk membantu pengembangan peternakankambing ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Pujiku Artomoro, Armansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada PetroChina, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Universitas Jambi yang telah membantu dan mendampingi dalam membudidayakan ternak kambing di Desa nya.

Ia menyebut, perkembangan ternak sangat bagus dan banyak yang sudah bunting dan berkembang biak.

"Alhmdulillah ternak kambingnya sudah berkembang dengan baik dan sekarang jumlahnya sudah banyak,"Imbuhnya. (Sun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: