>

Bisakah Penyakit DBD Kumat Berulang? Berikut Penjelasan Dokter

Bisakah Penyakit DBD Kumat Berulang? Berikut Penjelasan Dokter

Seorang petugas melakukan pengasapan (fogging) di kawasan permukiman-ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S-

JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ada pertanyaan, bisakah penyakit DBD (demam berdarah dengue) kumat berulang-ulang?

 

Masih banyak miskonsepsi seputar DBD di masyarakat, dimana sebagian orang yang pernah terinfeksi DBD beranggapan bahwa mereka sudah kebal. Tidak akan terinfeksi lagi.

 

Padahal nyatanya ada empat serotipe virus dengue, sehingga infeksi DBD bisa berulang, bahkan berisiko lebih parah, kata dokter spesialis anak dr Buti A. Azhali, SpA, MKes dalam kegiatan edukasi seputar DBD “Langkah Bersama Cegah DBD” di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (8/9).

 

"Oleh karena itu, memastikan perlindungan yang lebih baik melalui langkah langkah pencegahan yang tepat sangatlah penting, salah satunya melalui metode vaksinasi," kata dia siaran pers pada Minggu.

 

Saat ini, vaksin DBD yang tersedia dapat diberikan kepada kelompok usia 6-45 tahun dan telah direkomendasikan penggunaannya oleh beberapa asosiasi medis, termasuk oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bagi anak usia 6-18 tahun, dan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) bagi usia 19-45 tahun.

 

Namun demikian, untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, vaksinasi harus dilakukan secara lengkap sesuai dosis yang dianjurkan.

 

"Terkait dengan pemberian vaksin secara bersamaan dengan vaksin lain, tentunya masyarakat perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter tentang hal tersebut."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: