>

Kebakaran Lahan Gambut di Provinsi Jambi Makin Luas, Dari Muaro Jambi Menyebar ke Tanjabtim

Kebakaran Lahan Gambut di Provinsi Jambi  Makin Luas, Dari Muaro Jambi Menyebar ke Tanjabtim

Petugas saat memadamkan api di lahan kosong yang berada di Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim--

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sebelumnya terjadi di Desa Londerang, Kabupaten Muaro  Jambi, kini semakin meluas.

Api telah menyebar hingga ke wilayah Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjabtim, Helmi Agustinus, mengungkapkan bahwa saat ini luas lahan yang terbakar di Desa Catur Rahayu belum dapat dipastikan karena api masih aktif.

"Kondisi sekarang api sudah memasuki wilayah Tanjab Timur. Luasan lahan yang terbakar belum bisa ditafsir, karena api masih menyala," kata Helmi dalam pesan WhatsApp yang diterima.

Helmi menjelaskan bahwa tim Satgas Karhutla Kabupaten Tanjabtim, bersama TNI, Polri, BPBD Provinsi Jambi, Manggala Agni, MPA, perusahaan, kelompok masyarakat, serta BRGM, sedang berupaya keras untuk memadamkan api.

"Tim Satgas Karhutla Kabupaten Tanjabtim sudah berada di lokasi sejak sebelum api merambah ke Desa Catur Rahayu. Mereka sedang bekerja memadamkan api," jelasnya.

Untuk mempercepat proses pemadaman, Tim Satgas telah mengerahkan enam unit alat berat guna membuat kanal sebagai batas api dan mengalirkan air ke parit-parit agar tidak terputus

"Kanalan ini bertujuan untuk memutus penyebaran api dan memastikan aliran air tetap tersedia," terangnya.

Helmi menambahkan bahwa meskipun kondisi air di lokasi masih memadai, kesulitan muncul karena lahan yang terbakar adalah tanah gambut dan tiupan angin yang kencang, sehingga api sulit dipadamkan.

"Alhamdulillah, kondisi air masih cukup, dan semoga api segera padam," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: