>

Sosialisasi Sekolah Aman Bencana SKK Migas PetroChina – BPBD, Disambut Baik Kepsek dan Siswa SMPN 12 Tanjabtim

Sosialisasi Sekolah Aman Bencana SKK Migas PetroChina – BPBD, Disambut Baik Kepsek dan Siswa SMPN 12 Tanjabtim

Sosialisasi Sekolah Aman Bencana SKK Migas PetroChina – BPBD, Disambut Baik Kepsek dan Siswa SMPN 12 Tanjabtim --

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kegiatan sosialisasi Sekolah Aman Bencana yang diselenggarakan oleh SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd bersama BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (28/8) pagi disambut baik oleh Kepala Sekolah (Kepsek) Dewan Guru dan siswa/siswi SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur.

Berlokasi di Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, kegiatan yang digelar dalam ruangan Labor SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur tersebut berjalan tertib, aman dan lancar. Tampak para guru dan siswa sangat antusias mendengarkan pemaparan tentang penanganan dan pencegahan bencana alam yang disampaikan oleh Muhamad Nasir - HSE Fireman PetroChina selaku narasumber.

Mulyono Eko dalam sambutannya mengatakan, bahwa SKK Migas PetroChina Jabung Ltd sangat mensupport langkah Pemerintah Daerah dalam hal ini BPBD Tanjung Jabung Timur melaksanakan sosialisasi tentang penanganan dan pencegahan dini terhadap bencana alam kepada peserta didik di sekolah.

"Kegiatan ini adalah salah satu program pemberdayaan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang kita laksanakan di wilayah operasional, diharapkan dengan Sekolah Aman Bencana dapat mengintegrasikan upaya mitigasi, kesiapsiagaan dan respon bencana kedalam system Pendidikan.Sehingga dapat melindungi siswa, guru, dan staf sekolah dari dampak bencana serta memastikan kelangsungan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar." katanya.

Untuk itu dia berharap, kepada para siswa/siswi yang mengikuti sosialisasi ini bisa benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh narasumber, agar ilmu yang didapat bisa berbagi dengan teman, keluarga dan para tetangga, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggalnya. Dan kepada pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan standarisasi sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi anak didiknya dan lingkungan disekitar dari bahaya bencana.

"Bencana yang terjadi bukan hanya tanggungjawab pemerintah dan perusahaan saja, melainkan tanggungjawab kita semua. Untuk itu, pemahaman sejak dini perlu disampaikan kepada adik-adik yang masih duduk dibangku sekolah, agar bencana yang akan dihadapi nantinya bisa diantisipasi lebih awal," jelasnya.

Kepala SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur, M. Nur saat diwawancarai mengatakan, bahwa pihak sekolah sang menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd dan BPBD Tanjung Jabung Timur dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pelajaran kepada para siswa, supaya mereka tanggap bencana. Memahami apa yang perlu dilakukan saat menghadapi bencana.

"Jadi dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak sudah tahu dan siap, apa yang harus mereka kerjakan serta tindakan apa yang harus mereka perbuat," ujarnya.

Kemudian, mewakili para majelis guru SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur, Dirinya mengucapkan terima kasih kepada BPBD dan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang bersedia memberikan pengetahuan yang lebih kepada anak didiknya. 

"Kami mengharapkan kegiatan ini bisa terus berlanjut. Karena anak-anak yang mengikuti sosialisasi ini lah yang akan menyampaikan kepada teman, keluarga maupun tetangganya," ucapnya.

Sementara, menurut Anisa Galuh Hesneti, salah satu siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur, bahwa sosialisasi tentang penanganan dan pencegahan bencana alam ini sangat penting diketahui. Karena dirinya yang masih duduk dibangku sekolah harus tahu bagaimana caranya dan apa yang harus dilakukan ketika bencana alam terjadi.

"Setelah sosialisasi ini kan saya dapat ilmu, dan ilmu itu nantinya lah yang akan saya sampai kepada teman-teman dan keluarga. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada BPBD dan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang telah memberikan sosialisasi ini," ucapnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjung. Jabung Timur, Helmi Agustinus dan dihadiri Comdev Supervisor Act PetroChina International Jabung Ltd, Eko Mulyono, para Kabid BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, para guru dan siswa SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: