>

Gelar Aksi Kemanusiaan, Ratusan Kantong Darah Dari Karyawan SKK Migas PetroChina di Kumpulkan PMI Jambi

Gelar Aksi Kemanusiaan, Ratusan Kantong Darah Dari Karyawan SKK Migas PetroChina di Kumpulkan PMI Jambi

Gelar Aksi Kemanusiaan, Ratusan Kantong Darah Dari Karyawan SKK Migas PetroChina di Kumpulkan PMI Jambi--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kegiatan donor darah yang digelar SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd setiap tahunnya disambut baik oleh seluruh karyawan.

Kegiatan donor darah ini digelaksanakan di dua lokasi base camp PetroChina yakni di Rec Hall BaseCamp Geragai, Sabtu (24/8) dan di Betara BaseCamp, Minggu (25/8) pagi ratusan karyawan rela antri untuk aksi kemanusiaan ini. 

"Alhamdulillah sejak kita mulai pukul 08.30 WIB tadi karyawan sudah banyak yang mengantri untuk mendonorkan darahnya. Dari kegiatan donor darah yang kami gelar di 2 lokasi BaseCamp PetroChina yang berada di Geragai dan Betara dapat terkumpul sebanyak 233 kantong darah, yang terbagi dari Geragai BaseCamp terkumpul 127 kantong darah dan Betara BaseCamp terkumpul sebanyak 106 kantong darah," ungkap dr. Wiliam Aditya selaku Medical Officer PetroChina International Jabung Ltd.

Sementara, dr.Refy Nur Octharina dari Unit Donor Darah PMI Kota Jambi sangat senang melihat antusias dari karyawan dan subkontraktor SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, karena sepertinya kedatangan UTD PMI Kota Jambi memang ditunggu-tunggu. Sangking antusiasnya, ada beberapa karyawan disini kalau memang sudah waktunya donor darah mereka langsung datang ke UTD PMI Kota Jambi. 

"Jadi mereka bukan hanya donor darah di kegiatan PetroChina saja, tapi juga datang ke PMI. Jadi donor darah ini kalau sudah sampai 10-20 kali akan mendapatkan piagam yang ditandatangani oleh Ketua PMI Kota. Jika 50-75 kali piagamnya akan ditandatangani oleh Ketua PMI Provinsi Jambi. Dan yang sudah 100 kali donor darah akan ditandatangani Ketua PMI Pusat dan akan diserahkan langsung Bapak Presiden," terangnya.

Suroto, salah satu karyawan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengaku sangat senang jika mendonorkan darahnya. Donor darah ini dilakukannya rutin setiap 3 bulan sekali. Bukan hanya di kegiatan sosial seperti ini saja, jika sudah waktunya donor darah, Ia akan langsung ke PMI Jambi. Selain untuk kesehatan tubuh, juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Ini sudah yang ke 19 kali saya donor darah. Pertama kali di tahun 2011 silam. Dan beberapa tahun belakangan ini yang rutin donor darah. Harapannya kegiatan donor darah ini bisa terus dilaksanakan, kalau bisa setiap ada even harus ada kegiatan sosial seperti ini," harapnya.

Kemudian, Hamlider Jumardi, salah satu karyawan lainnya yang mengaku sudah puluhan kali donor darah menyebutkan, bahwa donor darah yang dilakukannya ini sudah sejak tahun 2005 silam. Namun yang tercatat hanya 25 kali, sedangkan yang tidak tercatat mungkin sudah mencapai 50 kali lebih. Baginya, donor darah ini sangat penting bagi kesehatan tubuhnya, dan menyehatkan jantung.

"Selain itu, donor darah ini adalah aksi kemanusiaan. Membantu sesama untuk masyarakat yang sangat membutuhkan," sebutnya.

Ditanya soal piagam penghargaan yang diterimanya karena telah 25 kali mendonorkan darah diakuinya, bahwa Dirinya tidak begitu mengharapkan hal itu. Intinya donor darah yang dilakukannya ini hanya untuk kesehatan tubuh dan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan saja. 

"Saya juga memberikan edukasi kepada kawan-kawan karyawan yang lain agar mau ikut mendonorkan darahnya. Karena saya jelaskan, bahwa darah itu kalau sudah 90 hari akan mati, dari pada mati lebih baik kita sumbangkan saja darahnya. Alhamdulillah kawan-kawan mau mendonorkan darah, agar badan juga sehat dan kita mendapat pahala," ungkapnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: