>

Meriahnya Lomba Tari Kreasi Jambi di Museum Siginjei

Meriahnya Lomba Tari Kreasi Jambi di Museum Siginjei

Meriahnya Lomba Tari Kreasi Jambi di Museum Siginjei--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei menjadi saksi kemeriahan acara Lomba Tari Kreasi Jambi yang berlangsung selama dua hari yaitu pada Selasa dan Rabu (20-21 Agustus 2024) yang berlangsung di Auditorium Museum Siginjei. Acara yang diikuti oleh pelajar tingkat SMP sederajat dan sanggar tari dari seluruh Provinsi Jambi ini berlangsung dengan penuh antusiasme dan semangat juang dari para peserta.

 

Para penari yang tampil memukau penonton dengan berbagai kreasi tarian yang menggabungkan unsur tradisional dan modern. Mereka mengenakan kostum khas yang sarat dengan nilai budaya lokal, memperkuat identitas Jambi dalam setiap gerakan yang dipertunjukkan. “Tidak hanya itu, para peserta tampil di panggung juga dihiasi dengan properti yang menggambarkan kekayaan budaya Jambi, seperti perahu tradisional dan keranjang rotan, yang menambah daya tarik visual dalam setiap penampilan,” kata kepala Museum Siginjei, Ervin Aprianti, S.Kom 

 

Lomba Tari Kreasi Jambi ini diselenggarakan sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni tari tradisional Jambi di kalangan generasi muda. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para penari muda untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka, serta untuk memupuk rasa cinta terhadap budaya daerah serta meningkatkan kunjungan ke museum.

 

Penonton yang hadir tampak sangat menikmati setiap penampilan yang disuguhkan. Mereka memberikan tepuk tangan meriah sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha keras para penari dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi ini.

 

Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah silaturahmi dan bertukar budaya antar sanggar dan sekolah yang ada di Provinsi Jambi. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan seni tari tradisional Jambi akan terus hidup dan berkembang di masa mendatang,” sebut Ervin.

 

Lomba ini diharapkan dapat melahirkan generasi penerus yang mampu menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya Jambi ke tingkat yang lebih tinggi. Dan terhadap para pemenang panitia memberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. 

 

Adapun para pemenang yaitu Juara 1 SMAN 2 Tanjab Timur, Juara 2 SMAN 6 Muaro Jambi, Juara 3 SMP IT Nurul Ilmi 2. Untuk juara harapan 1  yaitu Sanggar Pradana Dance Crew, juara harapan 2 dari SMP IT Nurul Ilmi 1, dan juara Harapan 3 dari SMPN 5 Kota Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: