>

PBB: 10 Bulan 40.000 Orang Tewas di Gaza

PBB: 10 Bulan 40.000 Orang Tewas di Gaza

Warga Palestina mengungsi dari kompleks apartemen Hamad Residential City di sebelah barat laut Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 16 Agustus 2024. -(Xinhua/Rizek Abdeljawad)-

JAMBEKSPRES.CO.ID - PBB mencatat setidaknya 40.000 orang telah tewas di Gaza dalam kurun waktu 10 bulan. 

 

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Philippe Lazzarini. Katanya jumlah korban meninggal itu kemungkinan bisa lebih banyak dan lebih tinggi.

 

Lazzarini melalui akun media sosial X resminya, seperti dikutip dari Antara, menggambarkan kejadian di Jalur Gaza itu sebagai tonggak sejarah yang sangat suram di mata dunia.

 

“Apa pun perselisihan mengenai jumlah korban, tidak ada perselisihan mengenai penderitaan yang sangat besar,” katanya.

 

Dia mengkritik bahwa banyaknya korban jiwa dari warga Palestina itu merupakan akibat langsung dari kegagalan kolektif dalam mencapai gencatan senjata. Mayoritas dari para korban tewas tersebut adalah wanita dan anak-anak.

 

“Di antara mereka yang tewas terdapat lebih dari 200 anggota tim UNRWA, lebih dari 100 wartawan & terlalu banyak pekerja kesehatan,” ungkapnya.

 

Karenanya, pejabat PBB itu menyerukan gencatan senjata, pembebasan para sandera, bantuan kemanusiaan, dan perlindungan bagi warga sipil di Gaza.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: