>

Sudah 95 Persen, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Tinggal Finishing

Sudah 95 Persen, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Tinggal Finishing

Sudah 95 Persen, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Tinggal Finishing-tangkap layar @LensaYoutuber-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pekerjaan Jalan Tol Bayung Lencir Tempino (Baleno) Seksi 3 makin mendekati 100 Persen hingga target 31 Agustus 2024 mendatang. Hingga hitungan terakhir realisasinya sudah Diatas 95 Persen.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan.

"Progres per 11 Agustus 2024 ini 95,87 persen, persentase terbaru belum dihitung akhir pekan ini," kata Ibnu kepada Jambi Ekspres.

Praktis, pekerjaan yang tersisa tinggal finishing atau pekerjaan kecil. Adapun untuk pekerjaan gerbang Tol Sebapo sudah rampung

"Pekerjaan sisanya seperti di simpang sebidang, rambu, marka, barier, tanaman," jelasnya.

Tak hanya itu, nantinya tol perdana di negeri Jambi itu juga akan mendapatkan garansi dari pihak penyedia jasa Hutama Karya (HK)-WIKA-BAP.KSO selama satu tahun setelah selesai kontrak.

"Pemeliharaan 365 hari oleh HK-WIKA-BAP KSO. Pemeliharaan ini untuk menangani pekerjaan yang rusak-rusak," kata Kabalai.

Selanjutnya, untuk pengoperasionalan jalan tol trans Sumatera di Jambi itu harus terlebih dahulu lulus uji laik fungsi oleh pihak berwenang. Yakni Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR.

"Uji laik fungsi diusulkan setelah 31 agustus, pelaksanaan sesuai kesepakatan tim penilai, tapi waktnya blm ditentukan," sebutnya.

Ibnu menambahkan, jalan tol sepanjang 15,47 Kilometer itu juga telah menjadi tempat upacara pihaknya pada 17 Agustus 2024 ini. Tepatnya upacara dilangsungkan di gerbang tol Sebapo. Ada sebanyak 300 peserta upacara yang perdana upacara di lokasi tol ini.

"Kegiatan berjalan lancar, Peserta upacara berasal dari pegawai-pegawai Kementerian PUPR yang bertugas di Provinsi Jambi seperti BPJN Jambi, BP2JK, BPPW, BP2P, BWS. Selain itu juga ada dari Dinas PUPR Provinsi Jambi, Kontraktor Pelaksana HK-WIKA-BAP (KSO) dan konsultan supervisi," jelas Ibnu.

Kata Ibnu, pada lokasi upacara hanya ada kegiatan upacara dan memperingati detik-detik proklamasi yang akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2024 pukul 10.17 - 10.20 WIB.

"Kami ingin memperingati HUT RI ke-79 di Gerbang Tol Sebapo, alasannya adalah jalan tol ini merupakan jalan tol pertama yang akan beroperasi di Provinsi Jambi dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN)," terangnya.

Sebelumnya, Satker Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) optimis rampung sesuai target. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jalan Tol Baleno seksi 3 Arief Budiarto menyatakan, terakhir telah dikerjakan jalan rigid sekitar 800 meter. Sedangkan untuk lokasi lain bentuknya tinggal finishing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: