>

Kukuhkan Paskibraka Kota Jambi, Ini Amanat Pj Wali Kota

Kukuhkan Paskibraka Kota Jambi, Ini Amanat Pj Wali Kota

Kukuhkan Paskibraka Kota Jambi, Ini Amanat Pj Wali Kota--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih mengukuhkan 56 pelajar menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Jambi Tahun 2024 yang akan bertugas pada Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi pada Sabtu 17 Agustus mendatang. 

Berlangsung di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jambi, Kamis (15/8/24) malam, pengukuhan Paskibraka tersebut ditandai dengan pembacaan Pernyataan Pengukuhan sebagai anggota Paskibraka yang dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih selaku Pembina Upacara. Prosesi itu juga ditandai dengan penyematan secara simbolis lencana Merah Putih Garuda (MPG) kepada perwakilan calon Paskibraka sebagai tanda pengukuhan. Acara yang berlangsung khidmat tersebut semakin haru saat berlangsung prosesi mencium “Sang Merah Putih” oleh semua anggota Paskibraka.

Dalam amanatnya, Pj Wali Kota Jambi mengatakan, bahwa pengukuhan anggota Paskibraka ini merupakan momen paling penting dalam mengemban tugas guna menyukseskan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Semoga tugas yang akan kita jalankan, dan terutama yang akan Paskibraka laksanakan bisa berjalan dengan baik, senantiasa mendapat lindungan, bimbingan dan ridho Allah Subhanahu Wata'ala," ujarnya. 

Sri berharap, nantinya para anggota Paskibraka sebagai masa depan bangsa aktivitasnya tidak berhenti pada momentum peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia saja, namun tetap menjaga jiwa nasionalisme dan patriotisme serta kepemimpinan.

"Jadilah tunas-tunas bangsa yang berguna, dalam kedudukan kalian sebagai pelajar, tuntutlah dan kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal bagi diri kalian, selaku warga masyarakat, kalian harus peka dan bermanfaat untuk bangsa dan negara," ungkap Sri

Sri juga berharap anggota Paskibraka bagaikan teratai sebagaimana lambang Paskibraka yang memiliki makna khusus.

"Sebagai Paskibraka jadilah kalian teratai sebagaimana lambang Paskibraka, yang memiliki makna tumbuh, berkembang, kukuh dan membangun. Tumbuh dilumpur, berkembang dan tampil indah dipermukaan," sambungnya. 

Lebih lanjut, Sri juga menekankan, bahwa apa yang didapat melalui tahapan-tahapan untuk menjadi seorang Paskibraka adalah pelajaran dan pengalaman yang sangat luar biasa. 

"Kalian digembleng, dilatih, dan diuji, itu adalah pengalaman yang amat berharga, yang mungkin kalian belum pernah alami sebelumnya, itu juga bagian dari upaya untuk menggapai cita-cita yang luhur dan mulia," tutur Sri. 

Dikesempatan itu, Pj Wali Kota Jambi juga mengungkapkan terimakasihnya kepada para pembina dan pelatih baik dari jajaran TNI/Polri serta Purna Paskibraka yang telah bekerja keras melatih anggota Paskibraka. 

"Dan juga kepada para orang tua yang telah memberikan izin dan restu bagi para Paskibraka untuk menggembleng generasi muda terbaik di kota Jambi sehingga memiliki kecakapan khusus, dan sampai dengan titik ini telah dinyatakan layak menjadi anggota Paskibraka Kota Jambi," ucap Sri. 

Pj Wali Kota Jambi itu juga berpesan agar para anggota Paskibraka bersatu dan kompak dalam mengemban tugas mulia itu. Ia juga turut mendoakan agar anggota Paskibraka yang dikukuhkan tersebut menjadi putra-putri terbaik bangsa.

"Pesan saya, apa yang telah kalian alami sekarang ini, bersatu, bersama-sama, kompak di dalam mengemban tugas nanti, jadikan satu tuntunan dan keyakinan hidup kalian kelak. Saya turut mendoakan kalian menjadi pemimpin, tokoh, dan putra-putri terbaik bangsa," tukas Sri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: