>

Satu- Satunya Dokter Spesialis Toksikologi Ular Berbisa di Indonesia Berikan Apresiasi SKK Migas PetroChina

Satu- Satunya Dokter Spesialis Toksikologi Ular Berbisa di Indonesia Berikan Apresiasi SKK Migas PetroChina

Satu- Satunya Dokter Spesialis Toksikologi Ular Berbisa di Indonesia Berikan Apresiasi SKK Migas PetroChina--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM (Toxinology Expert), yang merupakan satu - satunya Dokter Spesialis Toksikologi Ular Berbisa di Indonesia memberikan apresiasi besar kepada SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, Sabtu (10/8). 

Apresiasi ini disampaikan karena perhatian dan langkah nyata SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd kepada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para karyawan khususnya dalam bidang penanganan gigitan, sengatan hewan berbisa dan keracunan tumbuhan serta jamur ditempat kerja. 

"Saya senang sekali PetroChina memiliki inisiatif dalam peningkatan pengetahuan dalam penanganan gigitan hewan berbisa. Dimana tahun lalu melakukan training kepada internal PetroChina dan tahun ini lebih luas lagi dengan mengundang Dinas Kesehatan dan Damkar," jelas Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM.

Diakui Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM., di Jambi kasus ular yang mendominasi adalah jenis ular kobra dan king kobra yang dapat menimbulkan kematian. Dimana kasus di Jambi katalitasnya sangat tinggi dan setiap tahunnya ada saja kasus dan dirinya harus datang untuk menanganinya. 

"Karena Jambi dalam kondisi ada hutan yang luas, lahan gambut, perkebunan, dengan kondisi masyarakat yang masih mistis dan mitos ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah untuk dinas kesehatan menyelesaikan sendiri butuh kolaborasi dengan berbagai unsur antara lain PetroChina," kata Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM.

Kolaborasi antara PetroChina dan Pemerintah Daerah ini pastinya akan menunjang kemajuan bangsa. 

Dalam Workshop ini, Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM., bukan hanya tentang ular tetapi juga hewan laut dan tanaman. 

"Terimakasih saya ucapkan kepada PetroChina sehingga Program Nasional bisa di jalankan dengan Sponsorship dari PetroChina dengan sosialisasi buku pedoman nasional yang tahun lalu dilaunching," tegas Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM.

Dirinya juga akan melaporkan kepada Kementerian Kesehatan dalam kegiatan bersosialisasi untuk penanganan dan reduksi dari kasus toxsin dengan berkolaborasi dengan PetroChina. 

"Kami senang sekali dengan hadirnya Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.Sp.EM., padahal beliau sangat sibuk," tegas Andi Gustawan, HSE Superintendent PetroChina International Jabung Ltd.

 

Dalam kegiatan ini PetroChina mengundang stakeholder, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Timur,  Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: