>

Pj Wali Kota Jambi Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio

Pj Wali Kota Jambi Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio

Pj Wali Kota Jambi Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Guna menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mencanangkan pelaksanaannya di Kota Jambi.

Selain mencanangkan, Pj Wali Kota Jambi itu juga menyaksikan secara langsung proses pemberian imunisasi Polio pada anak-anak yang dipusatkan di Puskesmas (PKM) Kenali Besar dan Posyandu Lavenda, Kelurahan Simpang Rimbo, Kecamatan Alam Barajo, Selasa (23/7/2024).

Dihadapan tenaga kesehatan, aparatur pemerintahan dan warga setempat, Sri Purwaningsih menyampaikan akan pentingnya upaya untuk menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio tersebut.

"Tentunya kegiatan ini penting untuk dilaksanakan mengingat telah terjadi kasus-kasus Polio di sejumlah wilayah, sehingga hal ini perlu kita tindaklanjuti dengan upaya untuk memaksimalkan kembali proses imunisasi Polio ini,” tutur Pj Wali Kota Jambi itu.

Ia juga bersyukur karena berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Jambi tidak ditemukan kasus Polio di Kota Jambi.

"Alhamdulillah, untuk saat ini di Kota Jambi tidak ada kasus Polio, namun karena kita tahu bahwa inveksi Polio ini sangat cepat merambatnya, maka dari itu kita lakukan antisipasi sejak dini dengan melaksanakan imunisasi Polio, yang itu juga sesuai dengan instruksi pemerintah pusat," lanjutnya. 

Sri menyebut, pelaksanaan imunisasi Polio ini ditargetkan akan selesai dalam waktu dua minggu kedepan yang menyasar pada anak-anak usia 0 - 7 tahun di kota Jambi. 

"Hari ini resmi kita buka Pekan Imunisasi Polio di Kota Jambi, dengan target anak-anak se-Kota Jambi berjumlah 80.297 orang," sebut Sri. 

Ia berharap dengan kurun waktu dua minggu ini, masyarakat di kota Jambi yang mempunyai anak-anak dapat melakukan imunisasi Polio secepatnya di Puskesmas, Posyandu serta tempat-tempat pelayanan imunisasi terdekat sebagai langkah cepat membentuk kekebalan pada anak. 

Dirinya juga mengatakan, nantinya dari Tim Dinas Kesehatan maupun Puskesmas akan melakukan melakukan pengecekan data anak-anak yang belum melakukan imunisasi Polio. Dan untuk itu juga akan dilakukan kunjungan kerumah masing-masing. 

"Saya juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam menyukseskan Pekan Imunisasi Polio di Kota Jambi ini, mari sama-sama kita sukseskan pelaksanaannya, untuk generasi kota Jambi yang sehat, baik secara fisik maupun mental,” pungkas Sri. 

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Kenali Besar dr. Emelda Sriwastuti dalam laporannya, mengatakan dihari pertama imunisasi polio ini ada 104 orang anak yang telah didata untuk menerima pemberian vaksin. 

"Dalam waktu dua minggu ini, khusus di Puskesmas Kenali Besar ada 3.655 orang anak yang akan diberikan vaksin polio ini," katanya. 

Dirinya berharap para orangtua yang memiliki anak usia dini dapat melaksanakan imunisasi secepatnya, sehingga dapat membantu Indonesia terbebas dari polio. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: