>

Guru MAN 2 Tebo Raih Juara 3 Kaligrafi Khat Tingkat ASEAN di Malaysia

Guru MAN 2 Tebo Raih Juara 3 Kaligrafi Khat Tingkat ASEAN di Malaysia

Guru MAN 2 Tebo Raih Juara 3 Kaligrafi Khat Tingkat ASEAN di Malaysia --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Guru Seni Budaya MAN 2 Tebo Jambi  berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara 3 dalam kejuaraan kaligrafi Islam Nusantara ke-X pada tahun 2024 di Sabah Malaysia.

Guru berprestasi tersebut adalah wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 2 Tebo bernama Ardianto, S.Pd, beliau juga  Juri Kaligrafi Tingkat Provinsi Jambi.

"Lomba kaligrafi level ASEAN kali ini terbagi dalam 3 kategori, diantaranya jenis Khat Diwani Jali, Khat Naskhi Tsulust, dan Khat Tsulus Adi Jaly," jelas Ardianto.

Dikatakannya, setiap peserta diharuskan mengirim karya ke panitia. Selanjutnya, para peserta yang masuk pada urutan lima besar diundang untuk menghadiri penganugerahan hadiah pemenang pada tanggal  19 Juli 2024 di Malaysia.

Selama lima hari di Malaysia, selain pemberian hadiah dan pengumuman peringkat, terdapat pula kegiatan seperti workshop, bincang-bincang santai bersama para finalis dan para pembelajar khat yang ada di Malaysia tutur ardianto

Lebih lanjut Ardianto menjelaskan bahwa hasil yang diperoleh saat ini tidak lain merupakan anugerah dari Allah SWT dan tentunya berkat doa dan dukungan kita semua khususnya Kemenag Tebo dan Kepala MAN 2 Tebo beserta warga Madrasah tercinta.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Tebo, Hj Elya Pitri ketika dikonfirmasi menyampaikan rasa bahagia dan bangga atas prestasi yang diperoleh oleh salah seorang gurunya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta dari berbagai negara ini dapat bertukar gagasan, informasi, pengalaman, dan wawasan seputar dunia kaligrafi. Di samping itu pula agar terjalin hubungan kekerabatan yang kuat antar pegiat khat nusantara lintas negara.

"Selamat buat Ardianto. Semoga kaligrafer tanah air terus berprestasi serta kaligrafi di Indonesia bisa berkembang dan semakin terbuka dengan model, madrasah, uslub, yang sudah menjadi pakem kaligrafi di dunia internasional," ujarnya.

Diharapkan juga untuk terus menggali kekhasan Nusantara, tanpa menjadikannya sebagai penghambat untuk maju dan berkiprah dalam dunia kaligrafi internasional di era industri. "Dengan keberhasilan ini kami juga berharap dapat memotivasi generasi muda khususnya siswa siswi MAN 2 Tebo Cerdas  untuk mengembangkan bakat dalam bidang kaligrafi," imbuhnya. (*/kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: