>

Menteri Hukum dan HAM Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan Kelas II B Jambi

Menteri Hukum dan HAM Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan Kelas II B Jambi

Menteri Hukum dan HAM menerima langsung hasil karya Warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly memberikan apresiasi besar terhadap hasil karya warna binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Jambi.

Produk hasil karya Warga Binaan yang dipamerkan antara lain Batik, kalung, lacak, tas rajut dan talikur, tenong, gantungan kunci, scrunchie, bunga hias daur ulang dari plastik hingga aneka aneka roti, bolu, peyek, kembang goyang. 

"Produk Hasil Karya Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Jambi Siap Bersaing” kata Menteri Hukum dan HAM RI. 


Salah satu bentuk binaan oleh Lapas Perempuan Kelas II B Jambi--

Hasil karya warga binaan ini di pamerkan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) dan Mejelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Provinsi Jambi yang dibuka langsung Menteri Hukum dan HAM, Sabtu (29/06). 

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi, Susi Andriany Pohan menjelaskan Lapas Perempuan memiliki tugas pembinaan, yaitu pembinaan kepribadian dan kemandirian. 

"Pembinaan kepribadian membentuk mental, sifat, sikap, iman kepercayaan atau spiritual sehingga menjadikan mereka warga yang baik setelah keluar dari lapas. Sedangkan pembinaan kemandirian itu merupakan suatu finishing sehingga setelah mereka mempunyai kepribadian yang baik mereka jua mempunyai keterampilan untuk memenuhi kehidupan mereka," jelas Susi Andriany Pohan. 


Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Jambi memperkenalkan hasil karya warga binaan--

Ditambahkannya, untuk pembinaan kemandirian, Lapas Perempuan Kelas II B menyesuaikan dengan keahlian ataupun hobby dari warga binaan sendiri, apabila memiliki keterampilan menari maka akan dikembangkan dalam dunia tari dan apabila menyukai membuat kue maka di arahkan untuk membuat olahan makanan. 

"Sehingga mereka menjadi insan yang mandiri dan memiliki keterampilan yang mempuni juga menghasilkan. Bahkan kita juga telah memiliki garmen sendiri dan diharapkan kedepannya ada kerjasama dengan pihak pihak terkait seperti membuat baju sekolah atau lainnya," tambah Kalapas Perempuan Kelas II B Jambi

Dalam kunjungan Menteri Hukum dan HAM ke Jambi, Kakanwil Kemenkumham Jambi, M. Adnan dan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi, Susi Andriany memberikan Batik tulis hasil karya Warga Binaan dengan motif Jembatan Angso Duo kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Motif ini juga telah menjadi hak cipta sepenuhnya oleh Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi dengan nomor HAKI 000459363. Selain itu, Warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi juga memberikan karyanya berupa bordiran wajah Menteri Hukum dan HAM yang diterima langsung oleh beliau. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: