>

PSU di Batanghari Digelar Hari Ini, Penentuan Caleg DPRD Provinsi Jambi Antara Raden Fauzi vs Nur Tri Kadarini

PSU di Batanghari Digelar Hari Ini, Penentuan Caleg DPRD Provinsi Jambi Antara Raden Fauzi vs Nur Tri Kadarini

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin melakukan monitoring persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 04 Desa Kembar Sari, Kecamatan Maro Sebo Ulu, yang akan dilaksanakan, Sabtu 29 Juni 2024.--

Heru tetap optimis PKS akan mempertahankan kursi dari Dapil  Batanghari-Muaro  Jambi. Menurutnya, DPW PSK Provinsi jambi akan ikut mengawal dan menyiapkan saksi untuk pelaksanaan PSU tersebut.

“Yang jelas kita akan kawal dan siapkan saksi,” katanya.

Ketua PDIP Provinsi  Jambi, Edi Purwanto tidak benyak berkomentar terkait PSU yang melibatkan partainya. Ketua DPRD Provinsi Jambi ini mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menentukan pilihan.

“Kita berikan kebebasan siapa yang tepat untuk masyarakat,” katanya Edi.  

Terkait peluang PDIP, Edi juga erit bicara. Menurutnya yang terpenting PSU bisa berlansung dengan baik. “Yang penting pelaksanaan lancar, kita bebaskanlah masyarakat untuk memilih,” tegasnya.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan PSU sematang mungkin. Bahkan dirinya juga sudah turun melakukan monitoring secara langsung ke lokasi TPS PSU tersebut. 

“Insyaallah lancar, kita sudah persiapkan pelaksanaan PSU itu. Termasuk soal logistiknya, kemarin sudah selesai,” katanya. 

Terkiat PSU yang bisa digugat kembali ke MK, Suparmin enggan berkomentar. Menurutnya, KPU akan melakukan antisipasi terhadap semua kumungkinan yang terjadi. 

Begitu juga dengan penyelenggara yang nantinya akan bertugas. Semua harus melakukan tugas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada. “Kita sudah ingatkan jangan main-main. PSU ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada,” sebutnya. 

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Ari Juniarman mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan ekstra. Mulai dari persiapan logistik hingga hingga pada pelaksanaan PSU yang akan gelar nanti. 

“Kita sudah perintahkan agar pengawasan dilakukan hingga ketingkat paling bawah. Hari ini kita melakukan pengawasan logistik,” katanya.

Bagaimana dengan potensi money politik? Mantan Ketua Bawaslu Kota Jambi ini menjelaskan kemungkinan adanya money politik bisa saja terjadi. Karena itu pihaknya memastikan tidk akan segan-segan untuk melakukan penindakan. “Tentu kita akan tindak,” pungkasnya.

Ketua KPU Kabupaten Batanghari Ahmad Halim saat dikonfirmasi mengatakan pemilih pada PSU adalah pemilih pada pemilu 14 Februari lalu. Artinya Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS yang PSU tersebut tetap mengacu pada DPT Pemilu 14 Februari, yang berjumlah 527 orang, dengan rincian di TPS 02 itu sebanyak 261 orang, dan TPS 04 sebanyak 266 orang. Terdiri dari 269 laki - laki dan 258 perempuan.

“Kita Sudah melaksanakan persiapan dengan maksimal dimulai dari perencanaan hingga logistik,”ujar Halim.

Halim menambahkan PSU untuk DPRD Provinsi Jambi Dapil 2 ini adalah kewajiban yang harus di  laksanakan sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: