>

Jalur UM-PTKIN UIN STS Jambi Capai 4 Ribu Lebih Pelamar, Melonjak Drastis Dari Tahun Sebelumnya

Jalur UM-PTKIN UIN STS Jambi Capai 4 Ribu Lebih Pelamar, Melonjak Drastis Dari Tahun Sebelumnya

Jalur UM-PTKIN UIN STS Jambi Capai 4 Ribu Lebih Pelamar, Melonjak Drastis Dari Tahun Sebelumnya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Keberadaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi sebagai perguruan tinggi keislaman terbesar di Provinsi Jambi semakin menunjukkan tren positif.  UIN STS Jambi tahun ini sepertinya semakin menjadi incaran para lulusan SLTA/sederajat baik dari dalam maupun luar Provinsi Jambi. 

Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat masuk ke UIN STS Jambi yang melonjak drastis. Tercatat sebanyak 4118 peminat telah terdata untuk mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN). Lonjakan ini terlihat apabila dibandingkan dengan total peminat pada tahun lalu yakni sebanyak 3387 pendaftar dengan yang dinyatakan lulus sebanyak 1178 orang. 

Dari jumlah para peminat UIN STS Jambi tahun ini, mereka akan memperebutkan 35 persen kuota mahasiswa jalur UM-PTKIN yang syaratnya mereka terlebih dahulu mesti mengikuti seleksi mulai Senin (24/5)-Minggu (30/5). 

Untuk diketahui, UM-PTKIN merupakan proses seleksi berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari informasi yang diperoleh, peminat terbanyak tahun ini adalah untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Di samping itu, Program Studi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ilmu Pemerintahan pada Fakultas Syariah, dan beberapa program studi lainnya di UIN STS Jambi. 

Menurut Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN STS Jambi, Saparuddin, S. Pd., M. Pd., nantinya kelulusan mahasiswa akan disesuaikan dengan daya tampung yang tersedia. Dengan kata lain, dari 4118 peminat tersebut akan memperebutkan total 1460 kursi yang tersedia di UIN STS Jambi. 

“Total peserta yang mengikuti Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di Panlok (Panitia Lokal, red) UIN STS Jambi sebanyak 1772 orang. Peminat UIN Jambi Sebanyak 4118. Jadi peminatnya selalu bertambah. Di UIN STS Jambi ini kita menyediakan kuota untuk Jalur UM-PTKIN 1400-an. Insya Allah, semoga tahun depan dan tahun-tahun berikutnya lagi akan terus bertambah kuota UIN STS Jambi dari Jalur UM-PTKIN untuk mengakomodir tingginya peminat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) UIN STS Jambi, Titin Agustin Nengsih, Ph. D., menyatakan bahwa untuk kesiapan ujian tahun ini mereka sudah menyiapkan perlengkapan terbaik untuk pelaksanaan tes. Dalam hal ini telah disediakan fasilitas  berupa 50 perangkat komputer dari total 2 ruangan dengan 50 peserta di tiap ruangnya. 

“Alhadulillah Kegiatan UM PTKIN hari pertama ini berjalan lancar. Terbukti tidak ada kendala dalam pelaksanaan Ujian semua berjalan lancar, tertib dan aman,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: