>

Pj Walikota Jambi Gelar Sidak Pasar, Pantau Harga dan Stok Pangan Jelang Idul Adha

Pj Walikota Jambi Gelar Sidak Pasar, Pantau Harga dan Stok Pangan Jelang Idul Adha

Pj Walikota Jambi Gelar Sidak Pasar, Pantau Harga dan Stok Pangan Jelang Idul Adha--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam memastikan ketersediaan stok pangan dan pengendalian inflasi di Kota Jambi, , Penjabat Walikota Jambi, Sri Purwaningsih, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Kota Jambi, Rabu pagi (12/6/2024). 

Lokasi yang dituju adalah pasar kadang, mall trima, gudang sembako. Selain sidak pangan, Sri dan rombongan juga mematau langsung pedagang hewan kurban di Kota Jambi. 

Kata Sri, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari gerakan pangan murah sebelumnya,  yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan stok pangan di kota Jambi.

"Kemarin kita sudah melakukan Gerakan Pasar Murah (GPM) dan meluncurkan laboratorium mobile untuk pemeriksaan pangan dan hewan," ujar Sri Purwaningsih. 

Dari hasil sidak yang dilakukan, Sri menyebutkan bahwasanya, harga dan ketersedian bahan pokok di Kota Jambi, terkendali dan aman.

Ia menyebutkan, kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas cabai merah keriting.

"Yang mengalami kenaikan harga, hanya cabai merah keriting, dan untuk ini nanti harus ada upaya khusus untuk bagaimana mengendalikan harga cabai merah ini," jelas Sri Purwaningsih.

Lebih lanjut, Sri menyebutkan penyebab kenaikan harga cabai merah adalah, karena suplai yang lambat dan permintaan yang tinggi.

Di mana, harga cabai merah kualitas bagus mencapai Rp70 ribu per kilogram, sedangkan yang kualitas biasa masih berada di angka Rp55 ribu per kilogram.

"Masyarakat Kota Jambi memang benar-benar memperhatikan kualitas barangnya, itu penyebabnya," ujarnya.

Dengan adanya sidak ini, diharapkan harga pangan di kota Jambi tetap terkendali dan stok pangan selalu tersedia, terutama menjelang perayaan hari besar seperti Idul Adha.

Pj Walikota Jambi berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan stabilitas harga serta ketersediaan pangan demi kesejahteraan masyarakat. 

Diketahui arga cabai di Kota Jambi melonjak jelang Idul Adha 2024. Seperti di Pasar Kasang Kota Jambi, pada Rabu (12/6/2024), harga cabai merah dijual dengan harga Rp70 ribu per kilogram. 

Anita, Pedagang Cabai di Pasar Kasang mengatakan jika harga cabai merah ini naik sejak hari ini (kemarin, red). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: