>

Pemkab Batanghari Salurkan 100 Unit Alsintan

Pemkab Batanghari Salurkan 100 Unit Alsintan

Pemkab Batanghari Salurkan 100 Unit Alsintan--

MUARABULIAN, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Batanghari, menyalurkan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani dalam rangka percepatan musim tanam untuk mendorong peningkatan produksi pertanian.

Bantuan alsintan sebanyak 100 unit ini bantuan merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemerintah daerah.

Bupati Kabupaten Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi serta mendukung ketersediaan pangan daerah maka sumber produksi tanaman pangan, hortikultura peternakan, perikanan dan perkebunan khususnya di pedesaan perlu menjadi perhatian.

Ini penting dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan sehingga akan berpengaruh terhadap capaian peningkatan nilai tukar petani.

"Kita berkomitmen ke depannya menjadikan pembangunan sektor pertanian sebagai salah satu prioritas pembangunan," katanya.

Ia mengatakan mayoritas masyarakat di Kabupaten Batanghari bermata pencairan sebagai petani, maka dari itu sektor pertanian dijadikan paling utama dari 36 program unggulan. Pada 2024 pemkab juga mendapatkan alokasi 1.500 hektar Optimasi Lahan (Opla) dari Pusat.

"Untuk optimasi pertanian kita mendapat alokasi sebanyak 1.500 Hektar Opla, nanti kawan - kawan kelompok tani di data sawah -sawah  yang sudah lama tidak digunakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan,Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari (PPP) Fahrizal menyampaikan program ini merupakan kegiatan lanjutan selama masa kepemimpinan Bupati Muhammad Fadhil Arief dan Wakil Bupati H Bakhtiar. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pengamanan ketahanan pangan dalam wilayah Kabupaten Batanghari, dan juga merupakan pengembangan visi -misi Bupati dan Wakil Bupati Batang Hari," ujarnya.

Dengan adanya alsintan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing pertanian, dan memudahkan petani dalam mengembangkan lahan pertaniannya. 

Pada kesempatan itu juga, Pemerintah Kabupaten Batanghari juga memberikan penghargaan kepada pemenang lomba penyuluh dan kelembagaan petani tahun 2024.

Alsintan yang disalurkan kepada para petani diantaranya, Pompa Air Honda sebanyak 10 unit, Pompa Air Ishoku sebanyak 15 unit, Pompa Air MB-P100 sebanyak 10 unit, Pompa Air Guntur GTO sebanyak 2 unit, traktor roda 2 quick amberjeck sebanyak 35 unit dan traktor roda 2 rotari sebanyak 20 unit.(rza)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: