>

SKK Migas-PetroChina Gelar Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001, Datangkan Narasumber Dari Mutu Institute

SKK Migas-PetroChina Gelar Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001, Datangkan Narasumber Dari Mutu Institute

SKK Migas-PetroChina Gelar Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001, Datangkan Narasumber Dari Mutu Institute--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pelatihan Penguatan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang dilaksanakan SKK Migas - PetroChina  mendapatkan Apresiasi besar dari Mutu Institute selaku narasumber dan seluruh peserta, dimana peserta pelatihan  merupakan para Superintendent dan Supervisor dilingkungan PetroChina International Jabung Ltd  

Kegiatan pelatihan  ini dilaksanakan di Hotel BW Luxury Jambi, Rabu (29/5), dengan menghadirkan  narasumber Recky Hendra Saputra dan Eris Nurhasanah, Trainer Mutu Institute. 

Dalam materinya, Recky Hendra Saputra menjelaskan ada tiga isu penting dalam pelatihan ini, yang pertama sertifikasi ISO37001 yang telah dimiliki  PetroChina, yang kedua implementasi sehingga sertifikasi yang telah didapatkan dapat terjaga dan yang ketiga kedewasaan sistem.

Untuk menjawab isu kedua tentang implementasi, pastinya perlu dukungan dari berbagai pihak dan yang spesial kali ini adalah peserta yang hadir merupakan Superintendent dan Supervisor yang menjadi contoh bagi karyawan dibawah departemen masing masing.

"Peserta merupakan kepala unit kerja dan pastinya memiliki peran strategis dalam penerapan  SMAP sebagai komitmen bersama," jelas Recky.

Dirinya juga menekankan hal hal yang bisa meningkatkan komitmen salah satunya dengan adanya penyegaran dan pemantapan.

Terlebih PetroChina telah memiliki sertifikasi ISO37001, sehingga harus adanya pemahaman baik tentang bagaimana sistem yang di aplikasikan sehingga hal hal yang dilakukan sesuai dengan sistem tersebut.

Sedangkan untuk isu ketiga merupakan tujuan besar dari sistem yang diterapkan yaitu terbentuknya habit dan mengarah kepada budaya anti suap.

"Dengan kedewasaan sistem kita akan menjawab pertanyaan mau dibawa kemana sistem yang kita miliki sehingga dapat mencapai tujuan akhir kita yaitu lahirnya budaya anti suap," tegas Recky.

Sertifikasi adalah awal dan yang terpenting bagaimana sistem mampu dijiwai semua karyawan sehingga mampu menjadi sosok yang memiliki integritas yang bersih sehingga dapat menolak apapun bentuk penyuapan.

Dalam pelatihan ini peserta juga dijelaskan tentang bagaimana pencegahan dan deteksi dini apabila terjadi penyuapan dan kejahatan korporasi lainnya bahkan bagaimana respon bila hal itu terjadi.

Hal ini sangat penting guna meningkatkan pemahaman tentang ISO37001 : Anti Bribery Management System (ABMS) atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah diterapkan di PetroChina sejak tahun 2019.

Salah satu peserta pelatihan Achmad Sobhana mengatakan, program pelatihan ini memberikan manfaat kepada karyawan ditiap departemen untuk memahami dengan detail terkait perilaku korupsi, suap dan perbuatan lain yang dilarang.

“Pelatihan ini sangat penting dan memberikan manfaat kepada karyawan tiap departemen untuk memahami lebih detail terkait perilaku korupsi, suap dan perbuatan lain yang dilarang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: