>

Gelombang II Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci

Gelombang II Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci

Petugas MCH Daker Madinah membantu pengecekan paspor jemaah haji Indonesia yang akan bergeser dari hotel di Madinah menuju ke Makkah, Selasa (21/5/2024). Dalam pergeseran ini, jemaah bakal mampir di Masjid Bir Ali untuk mengambil Miqot.-Media Center Haji 2024-

MAKKAH, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Gelombang kedua jemaah haji Indonesia sudah tiba di Tanah Suci Makkah.

Mereka tiba Jumat 24 Mei 2024 di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) dan segera menuju hotel pemondokan.

Kloter jemaah yang pertama kali tiba dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan Padang (PDG).

Jemaah dari kedua embarkasi tiba di dua hotel berbeda di Sektor 02 kawasan Syisyah Makkah. Untuk jemaah JKG sebanyak 388 menginap di Hotel Mnarh Almona, sementara jemaah asal PDG sebanyak 388 tiba di Hotel Jawhart Muna pagi tadi. 

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia Jeddah Jeddah Yusron B Ambary, sebelumnya mengatakan kedatangan jemaah haji hari ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji gelombang dua di Arab Saudi.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Seluruh jemaah tiba dalam keadaan baik dan sehat," katanya saat penyambutan jemaah haji di Bandara KAAIA.

Sementara itu, pantauan di lokasi hotel, mereka tiba langsung memakai ihram dan hari ini juga kabarnya bakal menjalani ibadah umrah wajib. Salah satu jemaah bernama Saleh Jaid mengaku senang telah tiba dengan lancar di hotel, walaupun pemberangkatan sempat terlambat sebentar.

"Alhamdulillah sampai tanah suci," kata salah satu jemaah lansia yang berangkat dari JKG-27 rombongan 6 tersebut.

Kondisi serupa juga nampak di Hotel Jawhart Muna. Para jemaah asal Padang nampak gembira pada akhirnya bisa sampai Tanah Suci. Mereka duduk-duduk di loby hotel dan nampak menikmati pagi di Makkah. 

Mereka juga berencana menjalankan umrah wajib sore nanti, mengingat siang ini Masjidil Haram bakal dipenuhi jemaah haji yang ingin mengikuti ibadah salat Jumat di sanna.

Salah satu jemaah bernama Eko Darsono mengaku puas dengan layanan akomodasi yang disiapkan petugas haji. Kondisi kamar hotel, menurut dia, juga memuaskan. Begitu juga dengan pelayanan pengelola hotel dan makanannya.

"Layanan cukup memuaskan, makanan cukup. Perjalanan lancar, ini pertama kali haji," kata pria 60 tahun yang sudah menunggu berangkat haji selama 12 tahun tersebut.

"Perasaan haru, takjub, akhirnya sampai di Makkah Al Mukarramah. Doa untuk kita lebih mensyukuri lagi nikmat Allah. Dan semoga menjadi haji mabrur," katanya menambahkan.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Abdillah mengatakan kedatangan jemaah haji gelombang 2 hari ini berjalan lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: