>

5 Alasan Mengapa Tour Lebih Aman Pakai Jasa Travel Agent, Jangan Takut Mahal

5 Alasan Mengapa Tour Lebih Aman Pakai Jasa Travel Agent, Jangan Takut Mahal

Ketua DPD ASTINDO Jambi Duma Fridawati (kiri) dan Ketua DPD ASPPI Jambi Lina Roshati (kanan)-Foto: Istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Beberapa kasus yang menimpa program tour menjadi catatan buruk bagi dunia perjalanan wisata di Indonesia, mulai dari kecelakaan bus, tamu terlantar, dan lainnya.

Dari berbagai masalah yang timbul, salah satu penyebabnya adalah karena banyak yang melaksanakan tour secara mandiri, dikelola sendiri tanpa melibatkan kalangan profesional dari perusahaan travel agent.

Travel agent yang notabene dikelola orang-orang berpengalaman dan lebih memahami dunia perjalanan wisata,  sudah harus menjadi pertimbangan masyarakat yang hendak melakukan tour atau perjalanan wisata.

“Karena perusahaan travel agent memiliki kapasitas untuk mempertimbangkan banyak hal demi kelancaran dan keamanan,” ujar Duma Fridawaty Simatupang, Ketua DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Jambi kemarin (15/5/2024).

Hal yang suma juga ditegaskan oleh Lina Roshanti, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Provinsi Jambi.

Menurut Duma dan Lina, masyarakat sudah saatnya terbiasa menggunakan jasa travel agent untuk kenyamanan dan keamanan perjalanan karena 5 alasan berikut:

1. Travel Agent Lebih Mengetahui Vendor Bus Terbaik

Duma mencontohkan untuk kendaraan atau bus yang akan digunakan, travel agent akan lebih paham vendor mana yang layak digunakan untuk menyediakan bus pariwisata sesuai standar.

Karena travel agent memiliki jaringan yang luas di bawah asosiasi masing-masing, biasanya mereka juga memiliki informasi lebih valid untuk mengetahui, perusahaan bus mana yang punya armada baik dan tidak selama ini.

“Travel agent tentu punya informasi, bukan asal menggunakan bus, bukan pula karena sewa murah, sebuah bus pariwisata itu memiliki standar khusus,” lanjut Duma. Mulai dari hasil uji KIR, kursi, toilet bus, AC, siapa sopirnya dan lain-lain, semua tentu harus diketahui sebelum berangkat.

“Karena travel agent yang paling sering membawa tamu, mereka juga punya vendor langganan yang telah mereka ketahui kredibilitasnya, travel agent tahu mana bus pariwisata sungguhan, dan mana yang hanya ngaku-ngaku bus pariwisata,” lanjut Duma.

2. Travel Agent Lebih Paham Mengatur Perjalanan

Alasan lain mengapa disarankan menggunakan travel agent, karena mereka bisa mengatur perjalanan sedemikian rupa dan mengatur ittinerary dengan rapi dan memastikan semua terkunjungi sesuai waktu yang ditentukan.

Pihak travel agent kata Lina tidak akan mau memberangkatkan tamu dengan asal berangkat, berhenti dimana suka, semua sudah diatur sedemikian rupa dengan pertimbangan: tamu harus nyaman, crew yang bertugas tidak kelelahan, rute perjalanan rapi dan semua terkunjungi.

3. Travel Agent Punya Jaringan Kuat

Kemudian pelaku travel agent yang profesional juga memiliki jaringan kuat melalui asosiasi masing-masing, jadi jika ada kendala di kota mana pun, pihak travel agent akan dibantu oleh jejaringnya.

Jejaring itu tentu adalah orang-orang yang juga sudah kompeten di bidang pariwisata.

Bisa dibayangkan, jika itu dikelola sendiri oleh tamu, saat ada kendala di kota lain, belum tentu tamu bisa menanganinya dengan mudah karena memang itu bukan bidangnya.

Kendala apa saja? Semua kendala yang terkait dengan perjalanan wisata, misalnya tiba-tiba nyasar karena sopir tidak memahami rute, tiba-tiba tidak ada restoran yang buka padahal tamu sudah lapar, atau tiba-tiba bus bermasalah.

“Tentu saja kendala-kendala seperti itu lebih mudah ditangani oleh pihak travel agent,” lanjut Duma lagi.

Travel agent akan memiliki banyak opsi penyelesaian jika terjadi kendala di lapangan.

Dan tidak ada kasus tamu makan di sembarang restoran jika perjalanan itu diarrange oleh travel agent yang benar-benar profesional.

“Karena sebelum berangkat, travel agent bahkan telah memastikan, dimana nanti makan siang, makan malam, dimana istirahat dan semuanya telah dibooking, memperhitungkan waktu,  tidak ada travel agent yang menyiapkan itu di hari H, pasti jauh-jauh hari,” lanjut Lina lagi.

4. Jangan Takut Mahal

Selama ini banyak masyarakat yang berasumsi, melakukan perjalanan menggunakan travel agent pasti mahal. Padahal ini adalah pemikiran yang salah.

Sebuah perjalanan wisata yang nyaman tentu membutuhkan biaya. Mahal atau murah itu sebenarnya relatif, masyarakat sudah saatnya membiasakan dirinya untuk tidak pelit membayar demi sebuah kenyamanan.

Perusahaan travel agent kata Duma pasti akan menawarkan harga sesuai dengan standar yang mereka punya.

Duma juga mengatakan, sebuah perjalanan yang tidak diatur oleh ahlinya, malah berpotensi menimbulkan biaya-biaya tak terduga, ujungnya bisa jadi lebih mahal.

Padahal jika menggunakan travel agent, jarang terjadi harga tiba-tiba bengkak di kemudian hari.

Tapi beda case, jika tiba-tiba menambah hari, minta ditambah rute dadakan saat perjalanan, itu tentu jadi biaya baru.

Namun jika perjalanan sudah mengikuti rute sesuai kesepakatan sejak sebelum berangkat,  travel agent tak akan menaikkan harga di tengah perjalanan.

“Travel agent adalah  perusahaan jasa, tentu nama baik jadi taruhan, mereka melayani tamu dengan harapan nanti akan pakai jasa mereka lagi, jadi semua travel agent tentu ingin memberikan pelayanan terbaik,” lanjut Lina lagi.

5. Pilih Travel Agent Lokal

Bagaimana menentukan travel agent itu profesional atau tidak? Sebenarnya ini sangat mudah. Gunakan saja travel agent lokal yang ada di kota kita masing-masing.

Perusahaan travel agent lokal tentu kredibilitasnya lebih mudah digali. Mereka punya kantor yang kita ketahui, mereka juga memiliki izin-izin usaha yang bisa kita cek, dan kredibilitasnya lebih mudah kita lacak.

Ada beberapa kasus, tamu  tertipu oleh perusahaan travel agent luar, cuma lihat iklan di internet, namun tak diketahui secara persis kredibilitasnya di dunia nyata.

Ini harus diwaspadai, akan lebih aman, gunakan jasa travel agent yang ada di kota kita masing-masing, atau jika pun harus dari luar kota, pastikan kredibilitasnya benar-benar baik.

Demikianlah 5 alasan mengapa masyarakat disarankan menggunakan jasa travel agent saat melaksanakan tour wisata.

Tujuannya hanya satu, agar perjalanan lebih nyaman karena ditangani langsung oleh ahli-ahli yang berpengalaman di bidangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: