>

Kopi Jangkat Jadi Andalan Kabupaten Gunung Masurai Jika Jadi Dimekarkan, Ini Lokasi Perkebunannya

 Kopi Jangkat Jadi Andalan Kabupaten Gunung Masurai Jika Jadi Dimekarkan, Ini Lokasi Perkebunannya

Perkebunan Kopi Robusta Merangin di kawasan Pegunungan Bukit Barisan, Kabupaten Merangin-Wikipedia-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kabupaten Gunung Masurai yang digadang-gadang jadi pemekaran baru dari Kabupaten Merangin semakin mencuat.

Lalu apa andalan dari Kabupaten Gunung Masurai? Salah satunya adalah perkebunan Kopi Jangkat .

Dikutip dari wikipedia, Kopi jangkat atau Kopi robusta Merangin merupakan varietas kopi robusta yang menjadi salah satu komoditi unggulan dari daerah dataran tinggi kabupaten Merangin, provinsi Jambi.

Perkebunan kopi yang telah ada semenjak zaman Belanda ini tumbuh subur di kaki Gunung Masurai didataran tinggi kabupaten Merangin.

Perkebunan kopi ini  tersebar di kecamatan Jangkat, Jangkat Timur, dan Lembah Masurai. Ketiga Kecamatan ini bakal masuk ke wilayah Kabupaten Gunung Masurai jika jadi dimekarkan.

Perkebunan kopi robusta memiliki luas lahan kurang lebih 11.066 hektar ini. Ditanam diketinggian 1.000 Mdpl yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Kopi ini dianugerahi sebagai kopi robusta terbaik tingkat nasional dalam kompetisi pengolahan full wash, pada event specialty coffe association of Indonesia (SCAI) Expo 2018, di hotel Grand Inna Bali.

Pada tahun berikutnya, di kompetisi pengolahan honey, event SCAI 2019, di ibis hotel Bandung, kopi jangkat kembali meraih penghargaan sebagai kopi robusta terbaik tingkat nasional.

Salah satu varian kopi unggulan di provinsi Jambi ini telah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (IG) Sumatera-Merangin dengan nama Kopi Robusta Merangin, yang dikeluarkan oleh Kemenkumham RI.

Sertifikat tersebut diterbitkan oleh Kemenkumham RI pada 20 Desember 2020, dan sekaligus sebagai bentuk pengakuan atas eksistensi dan spesifikasi kopi khas yang diproduksi di Merangin.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Kabupaten Merangin di Provinsi Jambi sudah sangat layak untuk dimekarkan.

Kabupaten Merangin yang menyandang sebagai kabupaten terluas di Provinsi Jambi ini memilik luas 7.668,61 km².

Saat ini Merangin terbagi  24 kecamatan dengan populasi 357.315 jiwa pada tahun 2020.

Selain itu, Kabupaten Merangin yang beribukota di Bangko ini juga termasuk salah satu kabupaten tertua di provinsi Jambi setelah kabupaten Batanghari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: