Warga Jambi dan Riau Memadati Pulau Cingkuak Bekas Gudang VOC di Sumbar

Warga Jambi dan Riau Memadati Pulau Cingkuak Bekas Gudang VOC di Sumbar

ebuah pulau kecil yang ada di Kota Painan Sumatera Barat (Sumbar) dipadati warga Jambi dan Riau. -Dona PIscesika/Jambi Ekspres-

PAINAN, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sebuah pulau kecil yang ada di Kota Painan Sumatera Barat (Sumbar) dipadati warga Jambi dan Riau

Mereka menghabiskan sisa libur lebaran yang sebentar lagi akan berakhir. 

Pantauan Jambi Ekspres di lokasi pada Sabtu (12/4/2024), parkiran di sekitar dermaga pelabuhan dipenuhi oleh mobil berplat BH dan BM.

Mereka datang sengaja dari Provinsi Jambi dan Riau untuk menikmati suasana pantai yang tidak dimiliki oleh dua provinsi itu.

Oskar, salah satu warga Jambi kepada Jambi Ekspres mengaku berangkat dari Provinsi Jambi pada Jumat hanya untuk membawa anak dan istrinya main ke pantai. "Maklum Jambi belum ada pantai, selagi momen libur tahun ini agak panjang sekalian aja ke sini," ujarnya. 

Sementara itu Hamdan, datang bersama rombongan 5 mobil dari Kota Pekanbaru ke Pulau Cingkuak. 

"Pulau ini cocok bawa anak anak berenang, tidak terlalu ramai juga jadi kami dari Pekanbaru langsung ke sini nginap di hotel di Painan ini," ujar Hamdan. 

Hamdan sekeluarga memang menjadwalkan jalan-jalan ke Sumbar sekali dua tahun. Jika sebelumnya mereka main ke Bukittinggi dan Kota Padang, tahun ini mereka memilih main ke Pulau Cingkuak yang ada di Painan. 

"Baca berita Bukittinggi banyak banjir, jadi tahun ini kami cukup menikmati keindahan pantai di Painan saja, di sini juga asyik meski pilihan hotel tidak banyak" lanjut Hamdan. 

TENTANG PULAU CINGKUAK

Pulau Cingkuak adalah sebuah pulau yang kini terus dikembangkan menjadi pulau wisata.

Dulunya Pulau Cingkuk pernah dijadikan sebagai benteng Portugis dan lokasi gudang lada masa kompeni VOC. 

Saat masa jayanya, di Pulau Cingkuak dijaga oleh 59 petugas VOC yang dipimpin oleh seorang Koopman. 

Itu sebabnya konon di pulau ini masih terdapat jejak makam petugas VOC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: