Varial Adhi Putra Terdepan Jadi Pengganti Pj Bupati Tebo, Senin Pelantikan

Varial Adhi Putra Terdepan Jadi Pengganti Pj Bupati Tebo, Senin Pelantikan

Varial Adhi Putra Terdepan Jadi Pengganti Pj Bupati Tebo , Senin Pelantikan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Penjabat (Pj) Tebo Aspan akan memasuki masa pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Jambi pada 1 April mendatang. Nama penggantinya sebagai penerus estafet kepemimpinan Kabupaten Tebo juga sudah diusulkan Gubernur Al Haris ke Kemendagri. Nantinya direncanakan suksesor Pj Bupati Tebo ini akan dilantik pada Senin (1/4) sesuai dengan tanggal pensiun Penjabat lama.

Dari nama usulan Gubernur itu, terdapat kesamaan usulan dari Gubernur dan DPRD Tebo. Dimana yang terdepan adalah nama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Varial Adhi Putra.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan ada 3 nama yang sudah disodorkan ke Mendagri untuk segera ditindaklanjuti. Keseluruhan nama itu merupakan pegawai eselon II di lingkup Pemprov Jambi.

"Ya rencananya untuk jabatan Pj Bupati Tebo akan segera diganti, itu usulan nama-namanya sudah kita kirim ke Jakarta (Mendagri). Ada tiga nama yang kita usulkan dan semuanya dari pejabat di Pemprov Jambi," ujar Al Haris.

Al Haris merincikan, 3 nama yang sudah disiapkan dan sudah disodorkan oleh Al Haris ke Mendagri itu pertama ada nama Kadis LH yakni Varial Adhi Putra, lalu ada juga Kadis Sosial dukcapil Arif Budiman, kemudian Kepala Biro Kesra Sulaiman.

Al Haris menyebut, bahwa dari ketiga nama yang dikirim ke Mendagri terkait usulan untuk pengganti Pj bupati Tebo itu adalah nama-nama yang dinilai layak untuk bisa menggantikan tugas sebagai kepala daerah. Apalagi tugas Pj itu juga nanti akan berdekatan dengan tahapan pemilu sehingga bisa menjadikan daerah disana kondusif.

"Intinya kita ingin bahwa nama yang kita kirim ini nama yang mumpuni yang bisa memimpin daerah mengingat nanti tahapan-tahapan pemilu sedang berjalan, arti ini orang yang kita anggap kuat jaringannya bagus dan pula dapat menguasai pemerintahan itu," ujar Al Haris.

Sementara itu pengamat kebijakan publik dan pemerintahan Nasroel Yasir mengapresiasi nama yang diusulkan Gubernur Jambi. Ia berpandangan pejabat yang diusulkan adalah birokrat yang mumpuni dalam manajemen organisasi. "Seperti Varial itu pejabat yang pengalaman dan bagus, ia merupakan pejabat Jambi yang cakap dan telah dipercaya pada beberapa jabatan. Dan usulan lainnya juga kita apresiasi," katanya.

 

Yang tak kalah penting Nasroel mengatakan hendaknya penjabat yang diusulkan dan dipilih merupakan putra-putri terbaik Jambi. "Karena Pejabat Jambi tak kalah dengan pejabat pusat. Pejabat Jambi banyak yang berkualitas, dan kenal daerahnya," ucap pria yang juga Ketua Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Jambi ini.

 

Sementara itu, Varial Adhi Putra masih merendah ketika ditanya dirinya akan menjadi penerus kepemimpinan Aspan. Ia menerangkan belum melihat pasti Surat Keputusan (SK) Pj Bupati atas nama dirinya. Namun ia menyatakan akan siap menerima amanah ini dengan sebaik-baiknya jika dipercaya.

"Belum melihat. Jika diamanahkan ini laksana seperti guru yang diberi tugas tambahan menjadi Kepala Sekolah. Karena hakikatnya kita adalah PNS Pemprov dan ditugaskan di tugas pembantuan lainnya," ucap mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: