Talang Banjar Sedang Dirancang Punya Pedestrian dan Median Jalan

Talang Banjar Sedang Dirancang Punya Pedestrian dan Median Jalan

Ilustrasi pedestarian. Pemkot Jambi sedang merancang pedestarian di kawasan Talang banjar sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan dan keruwetan PKL-Foto: freepik.com-

KOTA JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kawasan Talang Banjar sekitar Jalan Orang Kayo Pingai dan Pakubuwono sedang dirancang untuk punya pedestrian dan median jalan.

Daerah ini menjadi salah satu lokasi padat di Talang Banjar. Mengingat masih banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan, tepatnya sekitar Pasar Talang Banjar.

Aktivitas di Pasar Talang Banjar ini juga menjadi sorotan Anggota DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun. HKatanya masih banyak pedagang yang berjualan di luar Pasar, atau tepatnya di pinggir jalan.

Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi ini juga mengatakan, ada dua lokasi yang menjadi aktivitas PKL di kawasan itu, yaitu Jalan Orang Kayo Pingai dan Jalan Pakubuwono.

"Kita minta persoalan PKL Talang Banjar ini harus dituntaskan. Jangan sampai menjadi keluhan abadi masyarakat," jelas Junedi.
 
Menanggapi hal ini, Pj Walikota Jambi, Sri Purwaningsih pada saat memberikan jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap LKPJ Walikota Jambi 2023 mengatakan, mengenai penertiban pedagang di sepanjang jalan Orang Kayo Pingai, pihaknya terus mengupayakan agar para pedagang tetap kembali ke lokasi yang telah disediakan.

Hal ini dilakukan dengan memberikan kemudahan akses untuk beraktivitas di lokasi tersebut.

"Kita juga mengoptimalkan peran paguyuban untuk mengatur dan mengendalikan anggotanya, akan mengaktifkan dan mengefektifkan Tim Gabungan serta menerapkan sanksi yang tegas bagi yang melanggar," ujarnya.

Sri mengatakan, pihaknya juga akan mengoptimalkan fungsi jalan melalui rencana pembangunan pedestarian dan median jalan di sekitar kawasan tersebut.

Apa itu pedestarian? yaitu alur bagi pejalan kaki yang posisinya akan sejajar dengan sumbu jalan dan lebih tinggi dari permukaan jalan.

Beberapa jalan utama di Kota Jambi sejak lima tahun terakhir memang telah banyak dibangun pedestarian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: