Nuraeni ke Sekolah Sambil Mengasuh Adik karena Ibunya Telah Tiada

Nuraeni ke Sekolah Sambil Mengasuh Adik karena Ibunya Telah Tiada

Setiap hari Nuraeni harus mengasuh adiknya di kelas dan menggendong adiknya itu dari rumah ke sekolah-Foto: Tangkap Layar IG @undercover.id-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Baru-baru ini viral video tentang seorang murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) sedang belajar sambil menggendong balita yang tertidur di pangkuannya.

Setelah ditelusuri, nama murid itu ternyata adalah Nuraeni. Ia sekolah di MI Maddakko Kecamatan Sinjai Barat di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara balita yang digendong adalah adiknya.

Adalah sang guru yang mengunggah pertamakali video Nuraeni karena berempati atas apa yang dialami muridnya itu.

Dalam video itu terlihat Nuraeni dengan sepenuh hati memangku adiknya yang masih tertidur, sementara ia fokus mencatat materi pelajaran dari sang guru.

Video ini menjadi viral setelah diunggah oleh banyak akun termasuk Instagram undercover.id.  

Menurut akun itu, Nuraeni tak sekedar mengasuh adiknya di kelas dan di sekolah namun juga setiap hari harus menggendong adiknya itu dari rumah ke sekolah dan sebaliknya.

Nuraeni terkadang juga harus mengorbankan waktu bermainnya dengan teman-teman. Saat anak-anak lain sibuk bermain, ia sibuk mengurus adik balitanya agar tetap tenang tidak rewel dari pagi hingga waktu pulang sekolah.

Nuraeni sendiri, sebenarnya baru kembali aktif ke sekolah setelah ibunya meninggal, karena saat ibunya sakit parah, ia pula yang merawat sang ibu sambil tetap mengasuh adiknya.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan, dikutip Jambi Ekspres Jumat (22/3/2024) dari situs resmi pemkab Sinjai www.sinjaikab.go.id, mengatakan ibu Nuraeni memang telah tiada, almarhumah meninggal dunia pada September 2023 lalu akibat terkena penyakit kanker.

Setelah video itu viral, Pemkab Sinjai kata Irwan langsung bergerak cepat meninjau kondisi Nuraeni.

Ia bersama Dinas Sosial (Dinsos) Sinjai, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai, telah berkunjung ke kediaman Nuraeni pada Kamis 3 Maret 2024 lalu.

Mereka menyerahkan bantuan berupa sembako dan uang santunan untuk keluarga Nuraeni.

Ingin Diadopsi Bupati

Selain itu, Irwan juga menyampaikan pesan dari Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, terkait niat Bupati ingin menjadikan Nuraeni dan adiknya sebagai anak angkat.

Bupati juga ingin mengajak Nuraeni dan adiknya untuk tinggal di rumah jabatan atau rumah dinas Bupati dan melanjutkan sekolah di Kota Sinjai.

Menanggapi kabar baik tersebut, Sanu, ayah Nuraeni menyampaikan terima kasih atas niat tulus Pj Bupati Sinjai terhadap kedua buah hatinya.

Hanya saja, Sanu mengaku masih pikir-pikir, dan masih mempertimbangkan keinginan Pj Bupati Sinjai untuk melepas kedua buah hatinya untuk tinggal bersama di Rujab Bupati.

“Kalau niatnya pak Bupati menjadikan putra putri saya anak angkat, saya bersyukur sekali.

Akan tetapi kalau untuk tinggal di Rujab saya masih pikir-pikir, terlalu jauh jarak saya dengan mereka sedangkan saya hanya punya mereka,” ujarnya dengan nada terharu, sembari mengucek mata yang terlihat memerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: