Mukjizat Nabi Shaleh AS, Lahirnya Unta Betina Dari Batu

Mukjizat Nabi Shaleh AS, Lahirnya Unta Betina Dari Batu

Mukjizat Nabi Shaleh AS, Lahirnya Unta Betina Dari Batu-Ilustrasi-

Menurut Buku Kisah Para Nabi: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi Sejak Adam AS hingga Isa AS (2019) oleh Ibnu Katsir, Nabi Saleh memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk menunjukkan mukjizat agar kaum Tsamud percaya dan mau menyembah Allah.

Allah pun memberi mukjizat itu berupa seekor unta betina yang keluar dari batu besar. Mulanya, ada sebuah batu besar yang disaksikan oleh kaum Tsamud.

Kemudian tiba-tiba batu itu terbelah menjadi dua dan memunculkan seekor unta betina, seperti yang tertuang di Surat Hud ayat 64.

"Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat."

Sebagian kaum Tsamud yang menyaksikan terpana dan mau beriman kepada Allah SWT. Namun, sebagian lainnya tetap saja tidak percaya, sehingga tidak mau menyembah Allah SWT.

2. Unta mengeluarkan susu

Mukjizat lain dari Allah adalah unta yang muncul dari batu besar itu dapat mengeluarkan susu yang tidak pernah habis. Bahkan, sekalipun susunya telah diminum oleh ribuan orang.

Pada hari ketiga kemunculannya, unta itu melahirkan seekor anak unta. Namun, kaum Tsamud yang membenci Nabi Saleh dan tidak percaya kepada Allah lantas membunuh induk unta tersebut.

Unta Nabi Saleh mati karena dipanah oleh Mushadda bin Muharrij dan Gudar bin Salif dari kaum Tsamud. Setelah membunuh induk unta itu, mereka mendapat hadiah dari pemuka kaum Tsamud.

Setelah itu, anak unta yang tersisa pergi dan masuk kembali ke dalam batu besar yang mengeluarkan induknya.

3. Azab bagi kaum Tsamud

Selepas kaum Tsamud membunuh induk unta, Nabi Saleh kembali berdoa kepada Allah SWT. Allah pun menurunkan azab bagi kaum Tsamud.

Allah meminta Nabi Saleh menyampaikan hal tersebut kepada kaum Tsamud seperti tertuang dalam surat Hud ayat 65-66 berikut ini.

"Mereka membunuh unta itu, maka berkata Saleh: Bersukarialah kamu sekalian di rumahmu selama tiga hari, itu adalah janji yang tidak dapat didustakan."

"Maka tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Saleh beserta orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami dan dari kehinaan di hari itu. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-Lah yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: