Alam Barajo Satu-satunya Kecamatan yang Belum Rampung Menghitung Hasil Pemilu di Kota Jambi

Alam Barajo Satu-satunya Kecamatan yang Belum Rampung Menghitung Hasil Pemilu di Kota Jambi

Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi-Foto: Google Maps-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ketua KPU Kota Jambi Deni Rahmat mengatakan, di Kota Jambi tinggal satu kecamatan lagi yang belum juga rampung melakukan penghitungan hasil Pemilu 2024 yaitu di Kecamatan Alam Barajo.

Kata Deni, dari 11 kecamatan yang ada di Kota Jambi, Alam Barajo termasuk yang paling lama diterima hasil rekapitulasinya.

"Alhamdulillah, kemarin sudah kita terima kotak hasil rekapitulasi hasil tingkat kecamatan, PR kita tinggal 1 kecamatan lagi yaitu kecamatan Alam Barajo yang saat ini masih proses,” ujar Deni dalam acara Pembukaan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Tingkat Kota Jambi, Minggu (3/3/2024), di BW Luxury Hotel.

Lanjutnya, jika dipersentasekan, sekitar 78 persen sudah dilakukan penghitungan di Alam Barajo dan kini tinggal satu kelurahan lagi yang memang membutuhkan waktu untuk melakukan rekapitulasi.

“Berdasarkan rakon bersama pihak external temen-temen dari partai politik kemarin, telah bersepakat untuk kecamatan yang dimaksud (Alam Barajo) untuk pembacaan hasilnya itu dilakukan di hari terakhir, setelah seluruh kecamatan lain selesai pembacaan," lanjutnya lagi.

KPU Kota Jambi sudah menjadwalkan tanggal 3, 4 dan 5 Maret 2024, rekapitulasi di tingkat kota harus sudah selesai untuk seluruh kecamatan.

Deni menargetkan, proses Pleno Pemilu di Kota Jambi bisa berlangsung sesuai rencana, dan saat ini telah mencapai 82 persen.

"Penghitungan dan rekapitulasi termasuk dalam tahapan ke 9, sementara nanti ada tahapan penetapan dan pengucapan sumpah dan janji, jadi diibaratkan kalau kita berjalan, ini sudah sekitar 82% kita sudah hampir ke finish," pungkasnya.

Hasil penghitungan suara yang telah dimulai dari tingkat KPPS telah diserahkan kepada KPU Kota Jambi untuk selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPU Kota Jambi.

Deni juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah memfasilitasi proses tahapan Pemilu termasuk penyediaan tenaga medis bagi penyelenggara Pemilu dari tingkat penghitungan di KPPS hingga Pleno di KPU Kota Jambi.

"Terkait tim medis ini, dalam hal rekapitulasi di tingkat kecamatan memang waktunya agak sedikit lama dan kerja teman-teman ad hock di bawah itu bisa dipastikan melebihi 8 jam dalam melakukan rekapitulasi, jadi kita berdiskusi dengan Pemda Kota Jambi terkait dengan support tim medis yang akan ditempatkan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan, Alhamdulillah difasilitasi oleh Pemda Kota Jambi, dan untuk rekapitulasi di tingkat Kota ini juga Pemerintah Kota Jambi juga memberikan dukungan tim medisnya selama proses rekapitulasi," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Pemilu 14 Februari lalu di Kota Jambi telah berlangsung dengan kondusif, aman dan lancar di 11 Kecamatan, 68 Kelurahan.

Dalam proses Pemilu ini, Pemerintah Kota Jambi juga membuat Posko Pemantauan Pemilu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 300.2/239/SJ Tahun 2024 yang menginstruksikan Pemerintah Daerah membentuk Posko Pemantauan Pemilu. (hfz)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: