Sirekap Hanya Alat Bantu, Edison Sebut Rekapitulasi Berjenjang Tetap Hasil Akhir

Sirekap Hanya Alat Bantu, Edison Sebut Rekapitulasi Berjenjang Tetap Hasil Akhir

Pemilu 2024--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat Sitim Informasi Rekapitulasi (Sirekap) mendapatkan sorotan. Ini setelah Caleg DPR RI dari partai Perindo Parulian Manik tercatat mendapatkan suara dalam jumlah besar, yaitu 501.210 suara.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Edison mengatakan bahwa Sirekap merupakan alat bantu penyelenggara untuk data hasil pemungutan dan penghitungan suara. 

Menurutnya hasil akhir tetap berdasarkan Rekapitulasi berjenjang yang saat ini sudah mulai berjalan ditingkat Kecamatan. "Sirekap merupakan alat bantu, hasil resmi tetap rekapitulasi berjenjang," katanya.

Mantan Komisioner KPU Muaro Jambi ini tidak membantah adanya persoalan yang muncul. Karena rekap yang dilakukan menampilkan hasil pemilihan yang di konversi menjadi angka.

"Memang ada beberapa kesalahan, dan itu sudah kita teliti. Dan teman-teman di Kabupaten/kota juga sedang bekerja," katanya.

Edison menyebut bahwa pihaknya sudah menerima adanya keluhan dari partai politik maupun Caleg. Mereka protes kenapa suara yang awalnya tinggi, tapi justru menurun. "Itu karena adanya kesalahan angka, sehingga diperbaiki, bisa jadi berkurang," sebutnya.

Sebelumya, KPU RI mengucapkan permohonan maaf ke publik soal temuan kesalahan input hasil perolehan suara Pemilu. KPU sendiri menemukan sebanyak 2.325 TPS melakukan kesalahan input data formulir C hasil perolehan suara, ke dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Atas kesalahan tersebut ketua KPU Hasyim Asy'ari mengucapkan permohonan maaf. "Terhadap kesalahan tersebut, KPU mohon maaf dan akan dilakukan koreksi," pungkasnya. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: