Distribusi Logistik 7 TPS di Kecamatan Terjauh di Provinsi Jambi Jadi Prioritas Pertama

Distribusi Logistik 7 TPS di Kecamatan Terjauh di Provinsi Jambi Jadi Prioritas Pertama

BECEK DAN BERLUMPUR: Kondisi jalan becek dan berlumpur ditembus oleh KPU Kabupaten Tebo untuk menyalurkan logistik Pemilu, kemarin (11/2). Hari ini (kemarin, red) logistik Pemilu mulai disalurkan oleh KPU--

Berikutnya kelima adalah TPS 1 Jalan Ismail Marzuki, RT 06 Dusun Teladan, Desa Sungai Dualap, Kecamatan Kuala Batara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Untuk menuju lokasi menggunakan jalur sungai dengan mode transportasi speedboat waktu tempuh 45 menit.

Kemudian ke enam adalah Desa Rantau Panjang, Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi. Untuk menuju lokasi menggunakan mode transportasi truck, sepeda motor dan kelotok, waktu tempuh 6 jam perjalanan dengan kondisi jalan rusak. 

"Terakhir itu Desa Air Liki Kabupaten Merangin dengan 16 jam perjalanan dengan mode transportasi mobil double gardan atau perahu motor," jelasnya.

Untuk ketersedian logistik sendiri, kata Iron, semuanya sudah siap 100 persen. “Logistik sudah siap semua. Tidak ada kendala,” katanya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Tanjab Barat mulai mendistribusikan logistik. Dari data yang dihimpun, sudah enam Kecamatan yang telah dilakukan pendistribusian.

Kecamatan tersebut diantaranya kecamatan Batang asam, tebingtinggi, renah mendaluh, merlung, muara papalik, tungkal ulu. 

Hal tersebut dilakukan selama tiga hari ke depan, KPU Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan mendistribusikan logistik Pemilu melalui pihak PT Pos Indonesia. 

"Jadwal distribusi pada tanggal 11, 12, 13 mendatang. sudah ada enam Kecamatan yang sudah didistribusikan 6 Kecamatan di wilayah Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ungkap M Ilyas, Anggota KPU Tanjab Barat.

Untuk tanggal 12 pengiriman logistik akan dilakukan pada kecamatan senyerang kecamatan pengabuan kecamatan seberang kota dan Kecamatan Kuala Betara. Kemudian pada tanggal 13 pengiriman logistik akan dilakukan pada Kecamatan Tungkal Ilir Kecamatan Betara Kecamatan Bram hitam. 

Logistik Pemilu tersebut akan sampai sesuai dengan tujuan logistik masing-masing di mana wilayah pemilihan berada. "Sesuai dengan perjanjian dalam pengiriman logistik Pemilu ini, logistik kemungkinan akan singgah di kantor camat dan sebagian juga langsung ke kantor desa untuk kemudian akan didistribusikan ke masing-masing panitia pemungutan suara hingga ke TPS,” sebutnya.

Anggota Ketua KPU Kabupaten Tanjabtim Juni Yanto mengatakan, pada hari pertama pendistribusian logistik pihaknya mengutamakan wilayah terjauh, seperti Kecamatan Sadu, Nipah Panjang, Rantau Rasau dan Kecamatan Mendahara.

"Dalam pendistribusian logistik ini kita menggunakan armada sebanyak 16 mobil truk dan 1 mobil pickup untuk 4 wilayah kecamatan," katanya.

Kemudian di hari kedua pendistribusian logistik akan dilakukan di Kecamatan Berbak, Kuala Jambi, Dendang dan Muara Sabak Timur. Dan selanjutnya H-1 atau hari ketiga logistik akan didistribusikan ke Kecamatan Geragai dan Muara Sabak Barat.

"Insya Allah logistik sudah kita siapkan sesuai dengan kebutuhan disetiap TPS yang berjumlah 713 TPS yang tersebar di 11 kecamatan dalam Kabupaten Tanjabtim," jelasnya.

Juni menerangkan, setibanya di kecamatan, logistik ini akan langsung ditempatkan di gudang logistik kecamatan, yang kemudian akan didistribusikan ke masing-masing PPS hingga H-1 logistik sudah berada di masing-masing TPS. "Alhamdulillah, PPK, PPS dan KPPS kita di masing-masing wilayah semuanya sudah siap bekerja sesuai dengan tupoksinya," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: