Warga RT 31 Perumahan Bougenville Jambi Gelar Isra Mi’raj

Warga RT 31 Perumahan Bougenville Jambi Gelar Isra Mi’raj

Peringatan Isra Miraj di RT 31 Perumahan Bougenville Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi -Foto: Istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Warga RT 31 Perumahan Bougenville Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, menggelar acara Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Sabilil Huda ini dihadiri oleh warga sejak pukul 20.00 WIB pada Rabu 7 Februari 2024.

Acara juga dihadiri oleh Pengurus Masjid, Ketua RT 31 Kenali Besar dan tokoh masyarakat RT 31.

Mengisi acara secara khusus sebagai penceramah yaitu Prof Dr Kaspul Anwar Usman, M.Pd yang merupakan ketua MUI Kota Jambi sekaligus akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Jambi.

Dalam ceramahnya, Prof Kaspul Anwar banyak membahas tentang umat muslim yang dermawan dan suka bersedekah, kisah perjalanan Rasulullah dalam menyebarkan agama Islam dan mengulas kembali tentang peristiwa penting umat Islam yaitu peristiwa Isra Miraj.

Acara berlangsung dengan khidmat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa berkumpul mengikuti acara Isra Miraj dan mendengar ceramah yang disampaikan oleh Prof Dr Kaspul Anwar.

Makna Isra Miraj

Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam hari menuju ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Peristiwa itu terjadi pada 27 Rajab di tahun ke-8 kenabian. Peristiwa Isra Miraj merupakan pesan dan perintah yang diterima Nabi Muhammad SAW secara langsung dari Allah SWT.

Peristiwa Isra merupakan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa naik Buraq.

Sedangkan Miraj adalah peristiwa dimana Rasulullah melakukan perjalanan dari Bumi ke langit ke-7 lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, untuk menerima perintah dari Allah SWT secara langsung.

Dalam peristiwa ini, mulanya Allah memerintahkan umat Islam untuk menjalankan sholat 50 kali dalam sehari. Rasulullah kemudian minta keringanan untuk umatnya, hingga kemudian perintah sholat menjadi 5 waktu dalam sehari. (*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: