Fasilitas dan Kapasitas Penumpang Kapal ‘Pesiar’ Danau Kerinci, Ada Radar Bawah Danau

Fasilitas dan Kapasitas Penumpang Kapal ‘Pesiar’ Danau Kerinci, Ada Radar Bawah Danau

Kapal wisata Danau Kerinci yang disebut Kapal 'Pesiar' sedang uji coba berlayar-Tangkap Layar TikTok @SaweiisyaAfrianto-

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kapal ‘pesiar’ yang kini viral sedang wara-wiri di tengah Danau Kerinci, ternyata memiliki beberapa fasilitas menarik.

Pertama, kapal ini memiliki tempat memasak. Fasilitas ini diperuntukkan bagi awak kapal, juga memungkinkan bagi penumpang terutama bagi yang melakukan perjalanan dalam waktu lama.  

Kedua, kapal pesiar atau perahu pesiar ini memiliki fasilitas toilet. Jadi penumpang yang ingin ke toilet selama perjalanan, bisa menggunakan fasilitas yang tersedia, tentu saja toilet yang sesuai standar perahu wisata.

Ketiga, kapal ini dilengkapi dengan kursi yang nyaman, baik di lantai 1 maupun di lantai atasnya. Berada di ruang terbuka, membuat perjalanan wisata semakin nyaman duduk di atas kursi yang empuk.

Ketiga, kapal pesiar Danau Kerinci ini juga dilengkapi dengan beberapa perlengkapan safety, mulai dari pelampung dan juga radar bawah danau untuk keamanan perjalanan.

Bagaimana dengan jumlah penumpang? Kapal pesiar Danau Kerinci ini mampu membawa 50 penumpang. Baik yang duduk di lantai bawah maupun lantai paling atas.

BACA JUGA:Viral Kapal ‘Pesiar’ Mewah Berlayar di Danau Kerinci

Kapal ini disebut sebagai kapal pesiar, meskipun sebenarnya ini merupakan kapal wisata atau perahu pesiar, yang sekilas juga mirip kapal pinisi.

Kapal ini adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dengan nilai Rp1,5 Miliar. Dana untuk pembuatan kapal ini dianggarkan dua tahap, melalui APBD 2022 senilai Rp1 Miliar dan APBD 2023 senilai Rp500 Juta.
 
Kapal ini dibuat langsung di pinggir Danau Kerinci, oleh tenaga ahli dari luar atau dari pihak penyedia dan dibantu oleh beberapa tenaga lokal.

Kini kapal pesiar Danau Kerinci ini telah diuji coba, telah mengitari Danau Kerinci. Hingga Desember lalu nahkoda khusus kapal memang belum ada, namun menurut Ujang, salah satu pembuat kapal, nahkoda harus orang lokal Kerinci karena pihaknya nanti sudah tak lagi di Kerinci dan harus kembali ke tempat asal.

BACA JUGA:Legenda Asal Usul Danau Kerinci dari Sebutir Telur Naga
 
Kapan kapal ini mulai bisa digunakan masyarakat masyarakat umum? Heri, Kabid Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci mengatakan kini sedang dalam proses persiapan.

Mengingat ini merupakan bantuan Pemprov Jambi untuk mendukung pariwisata di Kabupaten Kerinci, tentu juga butuh koordinasi kedua belah pihak juga dalam peluncurannya. Ia berharap kehadiran kapal ini bisa ikut mempromosikan Danau Kerinci menjadi lebih viral dan lebih luas lagi.(*)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: