Tahun 2024, UNJA Sedia Daya Tampung 7.333 Maru, Tim Sospro Sukses Roadshow Ke 11 Kabupaten/Kota

Tahun 2024, UNJA Sedia Daya Tampung 7.333 Maru, Tim Sospro Sukses Roadshow Ke 11 Kabupaten/Kota

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., turut mensosialisasikan SNPMB di Bungo –Tebo--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Universitas Jambi (UNJA) pada tahun 2024 membuka 56 Program Studi (Prodi) Sarjana, 8 Prodi Diploma III, dan 2 Prodi Diploma IV, dengan daya tampung 7.333 kursi.

Penerimaan mahasiswa baru Unja ini meliputi tiga jalur penerimaan, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN / Jalur Mandiri).


Tim Sospro SNPMB UNJA berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Selasa 23 Januari 2024 yang dilaksanakan di SMAN 5 Tabjab Timur--

Berdasarkan Keputusan Rektor UNJA Nomor 217/UN21/TM/2024 Tentang Daya Tampung Prodgram Studi di Lingkungan Universitas Jambi Tahun Akademik 2024/2025, rincian 7.333 kursi tersebut terdiri dari: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (2.170), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (1.260), Fakultas Pertanian (975), Fakultas Sains dan Teknologi (940), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (780), Fakultas Hukum (720), dan Fakultas Peternakan (488).

Guna mensosialisasikan daya tampung dan Prodi tersebut, UNJA melalui Tim Sosialisasi dan Promosi (Sospro) melaksanakan roadshow sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang telah berlangsung sejak 23-26 Januari 2024. Sosialisasi tersebut dilaksankan bertujuan memberikan pengarahan dan pembimbingan bagi setiap sekolah dan siswa kelas 12 dalam memahami jalur masuk perguruan tinggi yang terdiri dari 3 jalur.


Tim Sospro SNPMB UNJA saat sosialisasi di Tajab barat--

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., menyampaikan bahwa calon pendaftar harus dapat memanfaatkan jalu-jalur seleksi secara baik dan sesuai dengan kemampuan akademik serta minat dan kemampuannya. “Para calon pendaftar dapat memanfaatkan jalur-jalur seleksi secara baik dan benar. Guru serta kepala Sekolah dapat memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak didiknya untuk bijak dan cerdas dalam memilih Program Studi. Khususnya disesuaikan dengan kemampuan akademik serta minatnya dan kemampuan lainnya,” ungkap Prof. Kamid.

SNPMB tahun 2024 saat ini tengah memasuki proses tahapan registrasi dan verifikasi akun bagi sekolah dan siswa. Ada pun tahapan Registrasi Akun SNPMB Sekolah pada 8 Januari - 8 Februari 2024 serta Registrasi Akun SNPMB Siswa pada 8 Januari – 15 Februari 2024. Selanjutnya, pada 9 Januari - 9 Februari 2024 yaitu Pengisian PDSS, 14 - 28 Februari 2024 Pendaftaran SNPB, dan pada 26 Maret 2024 Pengumuman Hasil SNBP diumumkan. 


Siswa SMA antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksankan oleh Tim Sospro SNPMB UNJA--

Hendri Yulianto, S.Pd., M.Pd., selaku ketua MKKS Kabupaten Bungo menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi dari UNJA yang berlangsung pada Kamis (25/1/24) di Ruang Aula SMAN 2 Bungo. Ia berharap dengan kedatangan tim Sosialisasi UNJA dapat memberikan pencerahan kepada perwakilan siswa dan guru pendamping yang hadir. “Selamat datang di Bungo bapak/ibu tim sosialisasi SNPMB UNJA 2024, Kami mengucapkan terima kasih sekali atas kehadiran bapak/ibu untuk memberikan pengetahuan kepada siswa SMA yang ada di Kabupaten Bungo, dan siswa bisa bertanya dan bertemu langsung dengan bapak dengan pertanyaan selama ini yg ingin ditanyakan tentang SNPMB dan UNJA baik itu jalur apa saja maupun beasiswa dan lainnya tentang UNJA, untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim hari ini,” ungkap Hendri Yulianto.

Semenatara itu, ketua MKKS Kabupaten Tanjabbar, Effendi, S.Pd., M.Pd., mengucapkan terima kasih dan apresiasinya terhadap kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Tim Sospro UNJA pada Selasa (23/1/24) di SMAN 12 Tanjabbar.

“Selamat datang kepada bapak/ibu dari tim UNJA yang sudah berkenan mensosialisasikan SNPMB di Kabupaten Tanjabbar. Saya selaku Ketua MKKS Tanjabbar, merasa berterima kasih dan bersyukur dengan sosialisasi yang diberikan oleh UNJA sehingga bisa memberikan informasi yang sangat penting terkait penerimaan mahasiswa baru di tahun 2024. Ini juga sangat bermanfaat bagi siswa kami untuk lebih bersemangat melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi khususnya di UNJA,” ungkap Effendi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: