Resmikan Prodi Sarjana Terapan TRPAB dan TRLOG, POLJAM Gandeng United Tractors Jambi

Resmikan Prodi Sarjana Terapan TRPAB dan TRLOG, POLJAM Gandeng United Tractors Jambi

Pemotongan pita launching Prodi Sarjana Terapan TRPAB dan TRLOG--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya dibidang alat berat dan logistik terus meningkat, kebutuhan akan sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten menjadi hal yang wajib untuk dapat memenuhi kebutuhan dari perkembangan zaman tersebut. 

Kamis, 25 Januari 2024 Poljam resmikan 2 program studi sarjana terapan teknologi rekayasa pemeliharaan alat berat (TRPAB) dan teknologi rekayasa logistik (TRLOG) yang dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik, Staf Ahli Pj Walikota Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sekretaris Camat Kecamatan Alam Barajo, Kepala Cabang United Tractors Jambi, Excecutive General Manager PT. Angkasa Pura II Jambi, Tim Pakar Pengembangan Kelembagaan Dirjen Vokasi, Apindo, Kadin Provinsi Jambi, Kadin Kota Jambi, Para Pimpinan Perusahaan Mitra Poljam, Para Kepala Sekolah Mitra Poljam dan Para Pimpinan Poljam, Dosen Dan Tenaga Kependidikan Poljam.


Serah terima hibah komponen alat berat dari United Tractors Jambi ke POLJAM--

Tim pakar pengembangan kelembagaan dirjen vokasi Suhendrik Hanwar menyampaikan bahwa TRPAB berpotensi sangat besar di industri Perkebunan dan Pertambangan dan Prodi TRLOG pasti dibutuhkan di Perusahaan karena apapun aktivitas suatu Perusahaan pasti dibutuhkan logistik. Tenaga terampil tentang logistik dan alat berat sangat di butuhkan baik dikalangan industri, peluang yang cukup besar bagi generasi muda nantinya untuk kuliah di poljam dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan nantinya setelah tamat 

Program studi serjana terapan teknologi rekayasa pemeliharaan alat berat (TRPAB) dan sarjana terapan teknologi rekayasa logistik (TRLOG) adalah program studi yang lahir dan terwujud karena bantuan dan dukungan dari berbagai pihak khususnya dari Kerjasama Poljam bersama United Tractors Jambi.

Kepala cabang United Tractor Jambi mengatakan bahwa dengan dibukanya prodi alat berat di poljam sangat membantu bagi industri alat berat khususnya di Provinsi Jambi. Seiring dengan perkembangan industri yang ada di Provinsi Jambi semakin banyak alat berat yang akan bekerja baik di sektor Perkebunan, Pertambangan, Konstuksi maupun Kehutanan. Prodi TRPAB ini menjadi hal positif bagi United Tractors untuk bermitra dengan Poljam supaya bisa menciptakan generasi-generasi muda yang layak kerja langsung di industri alat berat.

Prodi TRPAB mempersiapkan lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengoordinasikan pencegahan adanya kerusakan, perawatan, serta perbaikan alat berat dan menganalisis gangguan kerusakan pada alat berat dengan profil lulusan yaitu Maintenance Engineer dan Field Service Engineer.

Selain itu Prodi TRLOG mempersiapkan lulusan yang mampu mengaplikasikan bidang keahlian rekayasa logistic dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang perancangan dan manajemen, untuk memastikan aliran barang/produk, informasi, modal, dan uang yang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan yang berbasis teknologi informasi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dengan profil lulusan yaitu Supply Chain Supervisor, Logistics Analyst, Logistics Consultant, Logistics Planner, dan Warehouse dan Distribution Supervisor.

Direktur Politeknik Jambi menyampaikan bahwa dengan 2 prodi ini bisa memenuhi kebutuhan industri di Provinsi Jambi degan harapan pemerintah Provinsi Jambi dan Kota Jambi dan Para Industri yang ada di Provinsi Jambi untuk bisa berkomitmen mendukung prodi ini dan dapat memenuhi kebutuhan industri. 

Dengan kehadiran 2 prodi ini semoga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik dan dapat ikut memecahkan permasalahan yang ada saat ini dan diharapkan akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan keterampilan, mengelola, menganalisa, serta meningkatkan produktivitas peralatan baik kualitas dan kuantitas serta mensukseskan tujuan setiap Perusahaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: