Kilang Minyak Raksasa Israel Meledak di Teluk Haifa Palestina

Kilang Minyak Raksasa Israel Meledak di Teluk Haifa Palestina

Asap tebal membumbung tinggi akibat ledakan kilang minyak Israel di Teluk Haifa Palestina pada Minggu (14/1/2024)- Foto: Tangkap Layar akun X @MayMelhem-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kejadian besar terjadi di Teluk Haifa Palestina, pada Minggu (14/1). Sebuah ledakan besar membumbung tinggi di kilang minyak milik Israel itu.

Dugaan sementara ledakan terjadi akibat serangan rudal. Namun informasi ini awalnya cukup simpang siur.

Pemerintah Israel sempat membantah, katanya yang meledak bukan kilang minyak, sebaliknya informasi dari media setempat mengatakan hal berbeda, adalah kilang minyak.

Bahkan video ledakan ini juga viral di sosial media menunjukkan ledakan terjadi di sekitar kilang minyak Israel yang ada di di Teluk Haifa daerah pendudukan Palestina.  

Terakhir pemerintah setempat akhirnya membuat pernyataan, bahwa ledakan terjadi akibat fasilitas produksi polietilen yang ada pada kilang Teluk Haifa mengalami kerusakan.

Pemerintah Israel mengungkapkan pemicu ledakan akibat kerusakan pada fasilitas di dalam kilang, tidak ada kaitan dengan aspek keamanan dan pertahanan Israel.

Israel juga membantah ledakan terjadi akibat serangan rudal. Tidak ada hubungan dengan proteksi keamanan.

Saat ini Pemerintah Israel telah menghentikan produksi di kilang yang mampu memproduksi minyak 197 ribu barel per hari itu, selain memproduksi BBM, kilang ini juga memproduksi produk petrokimia.

Meledaknya kilang ini diperkirakan akan menganggu pasokan minyak dalam negeri Israel. Apalagi Kilang ini merupakan yang terbesar yang dimiliki Israel.

Meskipun Israel masih punya sumur minyak lain, seperti di Dataran Tinggi Golan yang merupakan hasil rampasannya dari Suriah. Kemudian juga ada di lepas pantai Laut Mati, namun jumlahnya tak sebanyak yang ada di Teluk Haifa.

Sejauh ini belum ada laporan berapa jumlah korban jiwa akibat kejadian ini. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: