Tol Jambi Bisa Pangkas Jarak Tempuh Jadi 3,5 Jam ke Palembang, Begini Perhitungannya

Tol Jambi Bisa Pangkas Jarak Tempuh Jadi 3,5 Jam ke Palembang, Begini Perhitungannya

Tol Jambi Bisa Pangkas Jarak Tempuh Jadi 3,5 Jam ke Palembang, Begini Perhitungannya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pembangunan Tol Jambi ruas Bayung Lencir - Tempino (Baleno) Seksi 3 ditargetkan rampung pada Juli 2024.  Progres jalan berbayar sepanjang 15,47 Kilometer terus berprogres, hingga awal Januari ini sudah 47 persen.

Nantinya setelah terwujud lintasan jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu menjadi 3,5 jam saja ke Kota Palembang.

Kepala Satuan Kerja Jalan Bebas Hambatan Provinsi Jambi Benny Cristiawan menjelaskan secara teori jarak Palembang - Jambi sekitar 350 kilometer.  "Jika menggunakan kecepatan rata-rata berkendara 100 kilometer per jam maka akan tercapai 3,5 jam perjalanan tersebut. Dan jika istirahat dahulu atau nyantai bisa tembus 4 jam," ucap Benny.

Hitungan itu, jauh memangkas waktu perjalanan normal sejauh ini menggunakan rute umum yang mencapai 7 hingga 8 jam, Jambi- Palembang. 

BACA JUGA:Satu-satunya Tol di Indonesia yang Bisa Akses ke Luar Negeri

Namun untuk harga tarif tol Baleno Seksi 3 menuju Palembang ini ia mengatakan belum ditetapkan pasti. Meski ada perhitungan yang lazim digunakan untuk per kilometernya.

BACA JUGA:Ada 9 Ruas Jalan Tol Sumatera, Mana yang Paling Ramai?

Nantinya, di tol awal yang dibangun di Jambi ini rencananya tak ada fasilitas Test Area. "Lantaran ada perhitungan yang digunakan, rest area itu 50 kilometer setiap ruasnya, dan rest area arah ini ada di Sumatera Selatan," akunya. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: